Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Gali Informasi Keberhasilan Banyuwangi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22830.jpg

    BANYUWANGI-Kunjungan kerja Bagian Organisasi Setda Prov.Jabar ke Biro Organisasi setda Pemkab Banyuwangi berlangsung pada, Kamis (4/5) diterima oleh Asisten Pemerintahan Setda Pemkab Banyuwangi, Choiril Ustadi Yudawanta, bertempat di Ruang rapat Minak Jinggo Biro organisasi.

    Dalam sambutannya Choiril Ustadi Yudawanto menjelaskan, bahwa awalnya Kabupaten Banyuwangi belum dilirik siapapun misalnya terkait pariwisata dan dukungan infrastruktur seperti bandara. Begitupun terkait AKIP yang sebelumnya masih Grade CC, maka sudah mencapai Grade A. Hal demikian berkat keinginan yg kuat dari bupati dan jajarannya, jelas Choiril.

    Kunci suksesnya adalah kerjasama dari semua tim yg terlibat dan keinginan yg kuat untuk menggunakan sistem online di samping adanya konsolidasi birokrasi dg perubahan mindset birokrat sehingga ego sektoral perangkat daerah (PD) dapat diminimalisir dg meniadakan predikat/cluster PD yang akhirnya berdampak lebih tertatanya koordinasi antar PD untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, ungkap Choiril. 

    Perolehan grade a karen kami telah menerapkan sistem online dari mulai penganggaran, laporan dokumen AKIP, dan perolehan penghasilan aparatur sipil negara (asn) yang berbasis kinerja, ujarnya.

    Lanjut Choiril, harus ada komitmen, sinergitas dan komunikasi semua pihak yang terlibat dalam tim, bahkan siap bekerja sabtu dan minggu. 

    Menurut Choiril, setiap perencanaan kegiatan termasuk penganggaran harus ada dampak kedepannya, jika tidak, maka kegiatan tersebut dibatalkan.

    Mengenai system onlinenya, maka Diskominfo yang membangun aplikasinya sedangka pihak Biro Organisasi yang mengkkordinasikan semua perangkat daerah, sehingga menjadi efektif dan efisien, ujarnya.

    Sementara itu menurut Ati Cahyawati dari Bagian Kinerja Organisasi dan Reformasi Birokrasi Biro organisasi setda Jabar dalam sambutannya menjelaskan, bahwa AKIP Prov Jabar pada 2014 memperoleh grade cc, kemudian di 2015 memperoleh bb. Saat ini ditargetkan mampu mcapai grade A. Sementara hanya dua kab/kota memperoleh nilai AKIP baik, yaitu Kota Bandung memperoleh Grade A dan Kota Sukabumi grade BB. Yang yg lainnya mas dalamih berada grade C, jelasnya.

    Terkait banyak kab/kota yang masih berada pada grade c, maka dipandang perlu mempelajari daerah lain yg telah baik gradenya seperti Kab Banyuwangi ini, sehingga nantinya 27 kab/kota di Jabar mampu mencapai grade lebih baik yaitu grade BB, harapnya.

    "Dengan adanya kunker ini, nantinya mampu mencapai target 15 kab/kota mencapai grade baik pada tahun 2018", pungkas AtiCahyawati.

    Kunker ke Pemkab Banyuwangi itu, diikuti oleh Biro organisasi, Bappeda, Inspektorat dan Diskominfo  serta Biro organisasi dan Inspektorat dari 27 kab/kota Jabar.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus