Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    6 Klaster Menuju Kota Layak Anak

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22834.jpg

    BANDUNG-Walikota Bandung M. Ridwan Kamil mengatakan, berbagai kebijakan kota yang ditujukan untuk menghadirkan dunia yang nyaman bagi anak sudah dilakukan, dengan dibagi menjadi 6 klaster tumbuh kembang anak.

    “6 klaster, yaitu klaster kelembagaan, klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keuarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khsusus,” ucapya.

    Menurut Walikota, untuk klaster hak sipil dan kebebasan, pihaknya memberikan ruang kepada Forum Anak Kota Bandung untuk turut merencanakan pembangunan. Mereka dilibatkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kota Bandung.

    “Mereka itu memberikan usulan dan ikut menentukan arah pembangunan kota. Mereka juga turut menandatangani hasil Musrenbang,” kata Walikota di Pendopo, Kamis (04/05).

    Klaster kedua adalah kesehatan dasar dan kesejahteraan, di mana pemerintah menyediakan akses kesehatan untuk anak, dengan memperbanyak puskesmas yang bisa melayani rawat inap dan melakukan berbagai inovasi kesehatan lainnya.

    “Dari sisi gizi balita, kita ada OMABA (Ojek Makanan Balita), yang gizi buruk kita kirimi makanan serta memfasilitasi ruang-ruang bermain yang baik bagi anak,” ucapnya.

    Dari segi pendidikan karakter, pemerintah telah menggulirkan program magrib mengaji untuk memastikan anak-anak mendapatkan wawasan keagamaan, dimana  setiap hari seusai shalat magrib, anak-anak diharuskan untuk pergi ke masjid untuk mengaji dan mendapatkan pendidikan akhlak.(Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus