Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan : Desa Mandiri Pusat Pertumbuhan Kawasan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/dDSC_0051web.jpg

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan desa sebagai salah satu pusat pertumbuhan pembangunan sebuah kawasan. Hal itu karena desa merupakan awal tumbuh kembangnya pembangunan fisik, ekonomi, sosial dan budaya. Hanya saja dalam perkembangannya, desa seperti jauh tertinggal. Sehingga menyebabkan banyaknya pergerakan ataupun perpindahan masyarakat desa ke kota. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan terobosan yakni pembangunan yang terintegrasi dan terkonsentrasi di wilayah perdesaan. Program yang diberinama Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban didukung dengan memberikan bantuan keuangan yang dananya bersumber pada Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat.


    Program Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban tersebut, menurut Heryawan digulirkan pada tahun 2010 dengan menetapkan 100 desa yang layak mendapat bantuan dana masing-masing Rp 1 miliar. Secara keseluruhan dana yang digunakan mencapai Rp 100 miliar yang bersumber pada APBD Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2010. Untuk tahun 2011 ini program akan dievaluasi dan dinilai kemajuannya. “Dan Alhamdulillah terdapat sejumlah kemajuan dan keberhasilan. Bahkan Pemerintah Pusat tertarik untuk menjadikan program ini menjadi Program Nasional,” ujarnya.  Dan Heryawan memastikan jumlah desa yang akan menjadi lokasi program Desa Mandiri direncanakan bertambah menjadi sekitar 200 desa pada tahun 2012.


    Lebih lanjut Heryawan menjelaskan, program tersebut diformulasikan pada kegiatan yang disesuaikan dengan karakteristik dan permasalahan yang dihadapi masing-masing desa. Fokus kegiatan diantaranya dituangkan dalam bentuk penguatan perekonomian desa, perbaikan jaringan infrastruktur baik jalan dan sarana umum lainnya. “Program yang disebut dengn Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban itu diharapkan mampu mengakselerasi kemajuan desa baik dari sisi pengembangan kawasan maupun masyarakatnya,” ujarnya saat meresmikan 7 desa di Desa Cineam, Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (11/5), sebagai lokasi pelaksanaan program Desa Mandiri. Desa-desa tersebut merupakan bagian dari 100 desa yang mendapatkan bantuan senilai masing-masing Rp 1miliar.

     
    Sementara Bupati Tasikmalaya U Ruzhanul Ulum menyatakan program Desa Mandiri merupakan wujud perhatian Gubernur Jawa Barat dalam memajukan masyarakat perdesaan. Tentunya Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan program tersebut. Apalagi program ini menjadi perhatian khusus, dimana implementasi dari pelaksanaan Desa Mandiri berdasarkan asas “bottom up”. Dimana masyarakatlah yang mengusulkan rencana pembangunan desa, sekaligus yang melaksanakannya. “Program Desa Mandiri memberikan peran lebih luas kepada masyarakat untuk menjadi pelaku utama pembangunan di perdesaan,” tegasnya di hadapan puluhan Kepala Desa dan ratusan masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus