Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cegah Kenaikan Harga Daging Sapi, KPPU Sidak RPH Ciroyom Bandung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23098.jpg

    BANDUNG-Antisipasi kenaikan harga daging sapi, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan sidak daging sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, Bandung, Jumat malam (19/5/2017)

    Turut serta mendampingi sidak kali ini diantaranya Dirjen Peternakan & Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti, MSc, Kepala Balai Veteriner Subang, Drh. Syamsul Maarif, MSi. dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah.

    Ketua KPPU Syarkawi menjelaskan tujuannya ingin mengecek tingkat kelancaran, seberapa lancar  pasokan sapi siap potong itu dari feedloter ke RPH.

    "Tujuan kita datang ke sini, kita ingin mengecek seberapa besar tingkat kelancaran, seberapa lancar  pasokan sapi siap potong itu dari feedloter ke RPh. Kemudian nanti dari RPH ke retailer yang ada di pasar pasar," katanya kepada wartawan di Bandung, Jumat malam (19/5/2017)

    Menurut Syarkawi, dari hasil pengamatan dan penjelasan dari pihak RPH, bahwa stok daging sapi di Kota Bandung untuk kebutuhan menjelang Ramadhan, selama Ramadhan maupun menjelang Idul Fitri yang akan datang dipastikan mencukupi karena secara nasional stok daging sapi mencapai 70.518 ton.

    Kondisi seperti ini, lanjut Syarkawi tidak sepatutnya ada kenaikan harga  daging sapi yang signifikan. 

    "Kondisi surplus daging sapi  sebenarnya tidak ada justifikasi bagi para pelaku usaha untuk  mengeksploitasi konsumen daging sapi dengan harga yang tinggi,"tuturnya

    Jika terjadi kenaikan harga daging sapi yang signifikan ditengah kondisi surplus, maka tindakan hukum akan segera diambil oleh KPPU serta Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri. 

    "KPPU dan Satgas Pangan Polri akan tindak tegas semua upaya kartel pangan, baik dari sisi UU Persaingan Usaha maupun Pidana" pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus