Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov.Jabar Selenggarakan Peringatan Harkitnas 2017

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23139.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat selenggarakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109, Senin (22/5) bertempat di Halaman Gedung Sate Bandung. Bertindak sebagai inspektur upacara, yaitu, Gubernur Ahmad Heryawan.

    Unsur peserta upacara terdiri dari : para pimpinan OPD dan perwakilan Forkominda Jabar serta pelajar setingkat SLA, unsur pramuka, organisasi kepemudaan dan unsur aparatur sipil negara lingkup Pemprov.Jabar.

    Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka Kota Bandung, kemudian pembacaan naskah Pancasila dan UUD 1045. Pada kesempatan upacara itu, Gubernur menyampaikan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika.

    Salah satu bagian sambutan Menkominfo yang dibacakan gubernur, ialah, mengenai munculnya dimensi baru berupa lanskap sosial budaya seluruh umat manusia. Semua itu dirangkum dalam kata "digitalisasi".

    "Satu abad lebih sejak organisasi Boedi Oetomo digagas, telah memunculkan dimensi baru dalam lanskap sosial budaya seluruh umat manusia. Perubahan besar telah terjadi, yang kalau boleh kita rangkum dalam satu kata, kiranya "digitalisasi", adalah kata yang tepat, ujar Menkominfo.

    Berkah digitalisasi yang paling nyata hampir terjadi disetiap sektor, yaitu dipangkasnya waktu perizinan. Proses perizinan yang berlangsung ratusan hari sampai tak terhingga, dipangkas secara drastis hingga enam kali lebih cepat dari waktu semula. Perizinan disektor listerik misalnya, dari 923 hari, menjadi 256 hari, perizinan pertanian dari 751 menjadi 172 hari, perizinan perindustrian dari 672 hari menjadi 152 hari, perizinan kawasan pariwisata dari 661 hari menjadi 188 hari, perizinan pertanahan dari 123 hari menjadi 90 hari, perizinan kehutanan dari 111 hari menjadi 47 hari. Perizinan perhubungan dari 30 hari menjadi 5 hari, perizinan bidang telekomunikasi dari 60 hari menjadi 14 hari. Pemangkasan waktu perizinan ini terlaksana berkat teknologi digital, jelas Menkominfo.

    Dengan inovasi digital, mungkin kita dihadapkan pada kejutan-kejutan dan tatacara baru dalam himpunan berkreasi. Sebagian menguatkan, namun tak kalah juga yang mengancam ikatan-ikatan kita dalam berbangsa. Satu hal yang pasti, kita harus berpihak untuk mendahulukan kepetingan bangsa ditengah-tengah gempuran lawan-lawan yang bisa jadi makin tak kasat mata. "Justeru karena itulah, maka kita tak boleh meninggalkan orientasi  untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial, pungkas Menkominfo.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus