Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Netty: TKI Jabar adalah TKI Berdaya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Hj.Netty-Prasetyani_1.jpg

    Realita di Jawa Barat sebagai provinsi terbanyak penduduknya di Indonesia adalah jumlah penduduk yang besar ini berbanding lurus dengan tenaga kerja yang besar. Sayangnya kualitas angkatan kerja yang rendah ditambah dengan lapangan kerja yang terbatas, distibusi kesempatan kerja yang belum seimbang, kebijakan di berbagai bidang yang belum padu, advokasi dan perlindungan tenaga kerja yang belum memadai menjadi permasalahan yang masih dihadapi. Demikian uraian Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Jabar Hj. Netty Prasetyani Heryawan, M.Si di hadapan 210 peserta Pelatihan Keterampilan Bahasa Asing, Komputer dan Kemampuan Lainnya Bagi Pencari Kerja di Luar Negeri di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Bandung (18/5). Pelatihan yang diselenggarakan Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri ini bertujuan untuk membentuk TKI yang berdaya: berani dan yakin karena mempunyai kompetensi yang unggul.

    Netty menegaskan, pergi bekerja ke luar negeri, adalah pilihan yang harus dipersiapkan dan disadari benar konsekuensinya. "Untuk itulah Pemprov Jabar mencanangkan Jabar Mengembara: membekali TKI dengan kompetensi, bukan sekedar melepasnya mengadu nasib di negara-negara tetangga." Selain itu, Netty juga menggarisbawahi bahwa Warga Negara Indonesia yang pergi bekerja ke luar negeri sudah selayaknya mendapatkan perlindungan di kantor-kantor perwakilan di luar negeri. Untuk itu perlu adanya pengetahuan dan ilmu yang mumpuni untuk membekali diri mengadu nasib di luar negeri.  

    Diakui Netty, Pemerintah Indonesia belum optimal dalam mendidik dan mempersiapkan pekerja migran. Untuk itu, perlu dilakukan langkah strategis dan solutif dari mulai payung kebijakan dan komitmen pemerintah. Diperlukan adanya koordinasi lintas sektoral, capacity upgrading, pembekalan dan penyiapan calon tenaga kerja luar negeri. Pelatihan ini dilaksanakan 4-19 mei 2011, dengan lima angkatan Pelatihan Bahasa Korea dan dua angkatan Pelatihan Bahasa Malaysia. *(Humas Pemprov Jabar-VQ)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus