Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kenalkan Puasa Sejak Anak Usia Dini

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23312.jpg

    BANDUNG-Dalam hukum Islam, anak yang belum baligh memang belum diwajibkan berpuasa, namun untuk mengenalkan puasa sudah dapat dimulai sejak usia anak 4 tahun.

    Dokter Specialis Anak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dr. Viramitha Kunsandi SpA(K), M.Kes, menjelaskan, fase berlatih puasa pada anak berada pada usia 4 tahun, karena usia tersebut dipandang sebagai usia yang tepat untuk anak mengenal ibadah puasa disamping ritual-ritual lainnya.

    “Berpuasa itu biasanya kita kenalkan pada anak-anak usia 4 tahun, tentang ritualnya berpuasa, sholat taraweh, mengaji, sahur dan ritual berbuka kepada mereka,” ucapnya

    Menurut Viramitha, untuk fase yang kedua yaitu waktu fase mulai belajar berpuasa adalah ketika si kecil berusia 5 hingga 6 tahun, dimana pada usia ini,  dinilai aman bagi anak berpuasa.

    “Biasanya kita memperbolahkan puasa usia 5-6 tahun meski hanya setengah hari, setelah itu kita berlahan-lahan naiknya jam berpuasa hingga anak tersebut kuat menjalankannya,” kata Viramitha, dalam sebuah diskusi di RSHS, beberapa waktu lalu.

    Menurut Viramitha, saat fisik anak semakin kuat, kita dapat menaikkan jam puasa perlahan-lahan, namun jika anak sangat kehausan, maka ia boleh berbuka dan kemudian melanjutkan kembali puasanya sambil kita berikan penjelasan tentang makna berpuasa.

    “Agar anak kita semangat menjalankan puasanya, orang tua disarankan untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang menyenangkan saat sahur dan berbuka, disamping memberian nutrisi yang seimbang saat sahur dan berbuka,” tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus