Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pahami Asupan Gizi Saat Puasa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23329.jpg

    BANDUNG-Para orang tua harus memantau anak-anak mereka yang mulai belajar berpuasa khususnya kondisi berat badan mereka saat menjalankan puasa. Demikian dikemukakan Ahli Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Ides Haeruman, SKM.

    Menurut Ides, idealnya berat badan seorang anak tidak mengalami penurunan atau dalam kondisi stabil saat mereka menjalankan ibadah puasa.

    “Usahakan berat badan anak tetap stabil karena usia 5-6 tahun merupakan usia pesat pertumbuhan dan perkembangan anak,” ucapnya.

     Ides menyatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para orang tua dalam memberikan asupan kepada anak-anak mereka yang menjalankan ibadah puasa baik saat sahur maupun berbuka.

    “Saat sahur sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung protein terutama protein hewani, karena protein merupakan zat makanan yang lebih lama diolah organ pencernaan dibanding zat makanan lain, serta energi yang diolah akan tahan lama sehingga orang yang berpuasa tidak terlalu cepat merasakan lapar,” tuturnya.

    Sementara saat berbuka menurut Ides, sebaiknya berbuka dengan yang manis terlebih dahulu sebelum makan makanan yang berat.

    “Cukup dengan 3 buah kurma untuk mengembalikan energi dengan cepat dan makan makanan berat dikonsumsi setelah jeda 5-10 menit, dilanjutkan dengan makan snack atau buah-buahan atau makanan yang tidak mengandung lemak di malam hari,” pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus