Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Berantas Uang Palsu, BI-Kejati Jabar Perkuat Kerjasama

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23424.jpg

    BANDUNG- Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat melakukan kunjungan silahturahmi kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat di kantor Kejaksaan Tinggi Jabar yang bertempat di Jl. RE Martadinata, Riau Bandung, Rabu (7/6).

    Pada kunjungan silaturahmi ini Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat di dampingi oleh Ismet Inono sebagai Kepala Group, Mikael Budisatrio sebagai Kepala Divisi SP & PUR sementara Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Bapak Setia Untung Ari Muliadi didampingi Kabag TU Kejati David.

    Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat mengatakan kunjungan silaturahmi ini bertujuan memperkuat kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat untuk memberantas tindak kejahatan berupa pemalsuan uang (Upal).

    "Walau pemalsuan uang terbilang relatif menurun. Namun, modus kejahatan tetap ada yakni terkait pernyalahgunaan kartu dalam sistem pembayaran,"katanya. Menurutnya, Variasi tindakan melawan aturan hukum yang berlaku relatif banyak. Seperti penyelahgunaan kartu kredit, gesek tunai, dan sebagainya. 

    "Maka dengan kerjasama ini BI akan perkuat kegiatan pelatihan bersama mengenai keaslian uang rupiah dengan aparat penegak hukum,"ujarnya. Wiwiek menambahkan ke depan pihaknya akan terus melakukan kerjasama seperti penindakan uang palsu. "Bagaimana kita terus menyelesaikan segera kasus peredaran uang palsu yang sudah kita temukan,"ujarnya.

    Selain itu, BI-Kejati Jabar sepakat untuk terus melakukan penguatan dari sisi peningkatan sumber daya manusia (SDM) antara Bank Indonesia dengan Kejati. Selain itu yang terdekat BI Jabar akan melakukan Focus Group Discusion (FGD) dimulai dari tingkat Teknis hingga pimpinan. "Termasuk di dalamnya sistem pembayaran, pengelolaan uang rupiah, ciri-ciri keaslian uang rupiah dan seterusnya,"pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus