Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kabupaten/Kota Targetkan 10 Koperasi Percontohan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23439.jpg

    BANDUNG-Setiap kabupaten/kota di Jawa Barat ditargetkan memiliki 10 koperasi percontohan berbasis potensi lokal pada 2019. Total, pada periode tersebut diproyeksikan ada sedikitnya 270 koperasi yang dikelola secara profesional dan kekinian di seluruh Jabar.

    Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jawa Barat, Mustopa Djamaludin mengatakan program penataan koperasi tersebut akan dimulai pada pertengahan 2018.

    "Pada akhir 2018 diharapkan sudah terealisasi separuhnya," katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (8/6/2017).

    Mustopa menambahkan koperasi yang akan mendapatkan penataan akan diseleksi secara ketat dari total 16.855 koperasi aktif di Jabar. Jenis usaha koperasi tidak dibatasi, namun skala usahanya dikhususkan bagi menengah menuju besar.

    "Syarat lainnya, koperasi harus sudah mengantongi nomor induk koperasi (NIK) dan melakukan rapat anggota tahunan (RAT) tiga tahun berturut-turut. Koperasi tersebut juga harus berjalan simultan dan bisa mengayomi anggotanya," ujarnya

    Menurutnya, seluruh koperasi yang lolos seleksi dan dinyatakan layak dikembangkan untuk menjadi koperasi percontohan, akan mendapatkan penataan dari sisi manajemen, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan lain-lain. Koperasi tersebut akan diarahkan untuk mengelola potensi daerah masing-masing, dari hulu ke hilir.

    "Ini adalah upaya kami untuk mengembalikan koperasi agar menjadi sokuguru perekonomian rakyat. Dengan koperasi, jurang kesenjangan masyarakat akan bisa dipersempit," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus