Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Batik Asal Jabar Didominasi Pola Printing

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/kelas-ponet2.jpg

    Kendati batik asal Jabar, sudah berkembang di beberapa daerah, namun dari sisi polanya lebih didominasi oleh pola printing. Dengan adanya temuan tersebut, dalam rangka meningkatkan citra batik asal Jabar, pengembangannya harus ditingkatkan dengan mengembangkan pola cap atau tulis, ungkap Wagub Jabar, H. Dede Yusuf ketika menutup acara pameran batik asal Jabar, di Halaman Kantor Bank Indonesia, Jalan Braga, Kota Bandung (22/5).

    Menurut Wagub, batik sudah menjadi icon dunia. Batik asal Indonesia termasuk didalamnya batik asal Jabar oleh Unesco telah ditetapkan sebagai world heritage. Dari sisi pola yang diakui adalah pola cap atau tulis. Dengan demikian dalam melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa yang diakui dunia maka yang perlu terus dipacu pengembangannya adalah batik dengan pola pembuatan cap atau tulis.

    Sementara itu, dari sisi kontribusi pengembangan batik untuk kepentingan pembangunan ekonomi, pola pembuatan printing hanya terbatas memberikan keuntungan kepada pengusaha print saja, sementara itu untuk kepentingan pelaku usaha pembatik dinilai kurang memberikan kontribusi.

    Oleh karenanya, kepada masyarakat diminta untuk mulai menggunakan batik dengan pola pembuatan cap atau tulis. Memang diakui, dari sisi harga batik tulis atau cap lebih mahal daripada batik dengan pola pembuatan printing. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus