Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ramadhan Mengaji : Surat Al-Baqoroh Ayat 23-24

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23539.jpg

    SUMEDANG-Ramadhan mengaji yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan setiap hari pada jam kerja setelah jam apel pagi kali ini membahas tentang kandungan ayat surat AL-Baqoroh ayat 23-34. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo IPP serta dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Sumedang, H. Zaenal Alimin, MM, Selasa (12/6).

    Sekda Zaenal memimpin membaca ayat tersebut sekaligus memberikan penjelasan mengenai korelasi ayat dalam surat Al-Baqoroh tersebut. Menurut Zaenal, korelasi antara ayat 23-24 Surat Al-Baqoroh adalah menetapkan pokok agama (Ashluddin), yaitu tauhid yang merupakan kegiatan spiritual beribadah kepada ALLAH SWT. “Maka pada ayat ini (ayat 23-24), Allah SWT menetapkan pokok agama kedua, yaitu kenabian RasulNya, Muhammad SAW. Hal ini terjadi melalui pembuktian serta tercantum pada ayat 23 surat Al-Baqoroh yang berarti ‘Jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al-Qur’an yang Kami turunkan kepada hamba Kami, Rasul Kami, buatlah satu surat yang semisal Al-Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang memang benar',” paparnya.

    Dalam ayat tersebut dikatakan Sekda adalah suatu tantangan dari ALLAH SWT kepada orang-orang musyrik, orang-orang munafik, dan orang-orang kafir yang meragukan kebenaran Al-Qur’an dengan cara membuat satu surat apa saja seperti isi dalam Al-Quran meskipun sedikit serta jika benar adanya, dianjurkan untuk mengajak orang-orang untuk bersaksi bahwa surat tersebut dibuat seperti Al-Qur’an.

    Dijelaskan lebih lanjut oleh Sekda Zaenal, ayat 24 pada surat Al-Baqoroh mengandung arti ‘’Maka jika kamu tidak dapat membuatnya, periharalah kamu dari api neraka,’’. Ayat tersebut dikatakan Sekda mengandung arti jika kita tidak mampu untuk memenuhi tantangan Allah untuk membuat satu surat seperti surat yang terdapat pada Al-Qur’an, maka kita semua di haruskan untuk menjaga diri kita dari api neraka dengan cara beriman kepada Allah SWT, beriman kepada kitab-kitab Allah, kepada Rasul-Rasul ALLAH serta dengan menjalankan semua kewajiban yang diperintahkan Allah serta menjauhi larangan-larangan ALLAH.

    Ditegaskan Sekda, Ayat 24 Surat Al-Baqoroh menekankan bahwa semua mahluk ciptaan Allah SWT tidak akan sanggup membuat tandingan terhadap satu ayat-pun dari ayat-ayat Al-Qur’an.

    “Dapat kita simpulkan, jika kita tidak mampu membuat satu surat saja seperti dalam Al-Qur’an maka sudah seharusnya kita menjadi orang-orang yang beriman,” tukas Zaenal.

    Kedua ayat dalam surat Al-Baqoroh tersebut memiliki petunjuk bahwa pengukuhan kenabian Rasulullah SAW yang dimantapkan dengan turunnya Al-Qur’an, menguatkan akan kelemahan manusia untuk membuat satu surat saja semisal surat-surat yang ada dalam Al-Qur’an, dimana tantangan untuk hal tersebut tetap berlaku namun belum ada satu surat saja semisal surat dalam Al-Qur’an serta api neraka dapat dijauhi dengan keimanan dan amal yang soleh.

    “Semoga bulan Ramadhan ini bisa menjadikan kita orang-orang yang soleh serta menjadi orang-orang yang semakin beriman,” pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus