Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Geopark Ciletuh jadi Primadona Wisata Libur Lebaran

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23572.jpg

    BANDUNG-Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida, optimistis Kawasan Taman Nasional Geopark Ciletuh-Palabuhanratu (TNGC) Sukabumi akan menjadi primadona dan dikunjungi wisatawan saat libur lebaran 2017.

    Demikian disampaikan Ida menyusul informasi tentang keindahan Geopark Ciletuh sudah tersebar di masyarakat. Sehingga kawasan tersebut akan menjadi buruan masyarakat yang hendak menikmati perpaduan keindahan geologis serta keindahan laut dalam satu paket.

    “Jangankan lebaran nanti, sekarang pun mulai penuh di hari biasa (weekday),” kata Ida di Bandung, Rabu (14/6).

    Menurutnya, bukan perkara mudah menjadikan Geopark Ciletuh sebagai kawasan pariwisata internasional. Hal itu menjadi tantangan tersendiri, terlebih kaitanya dengan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait persiapan TNGC menjadi Unecsco Global Geopark. Ida memandang momen libur nanti akan menjadi waktu paling tepat untuk dilakukan sosialisasi secara masif.

    Adapun sosialisasi yang dilakukan Disparbud Jabar, diantaranya mempersiapkan masyarakat lokal di kawasan TNGC menjadi masyarakat pariwisata. Dengan kata lain, masyarakat diberikan pemahaman agar mampu mengelola potensi-potensi yang dimilikinya, seperti kebudayaan, kerajinan kreatif serta kemampuan bahasa untuk menjadi modal pemandu wisata.

    Selain itu, pihaknya pun mengoptimalkan Tourism Infomation Center (TIC), serta infrastruktur primer lain, seperti petunjuk jalan, gapura kawasan, lokasi parkir, dan lain-lain. “Kami sudah mempersiapkan potensi lonjakan yang akan terjadi pada musim liburan lebaran nanti,” kata dia.

    Lebih lanjut Ida mengimbau agar masyarakat di kawasan TNGC tidak ajimumpung dengan mematok harga jasa dan barang yang ditawarkan dengan harga selangit. Sebab hal itu akan membuat wisatawan kapok untuk datang kembali ke TNGC. Apalagi TNGC ini akan diproyeksikan menjadi pariwisata andalan baru yang akan berkembang secara pesat dengan sokongan anggaran yang tidak sedikit dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus