Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Apel Gelar Pasukan Ops Ramadniya Lodaya Tahun 2017

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23654.jpg

    SUMEDANG-Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Lodaya Tahun 2017 di Kab.Sumedang, di Alun-Alun Sumedang, Senin (19/6). memiliki tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Ramadniya 2017 Kita Tingkatkan Sinergi POLRI Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1438 H”serta ditandai dengan pemeriksaan pasukan operasi serta penyematan pita tanda operasi ramadniya yang disematkan oleh Bupati Eka kepada perwakilan pasukan operasi.

    Bupati Eka Saat membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan wujud kesiapan POLRI dalam menghadapi kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personel beserta kelengkapan Sarpras.

    “Rencana operasi dan seperangkata cara bertindak yang telah dipersiapkan , diharapkan dapat dilaksanakan secara sinergis oleh seluruh unsur pengamanan yang terlibat sehingga masyarakat Indonesia dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri  dengan aman, nyaman, lancar dan dipenuhi dengan kebersamaan,”ujarnya.

    Dikatakan Eka, kegiatan pengamanan pada tahun 2017, memiliki 3 point utama yang menjadi perhatian Presiden Jokowi, yakni terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi kamtibmas yang kondusif,  keamanan, kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik. “Saya tekankan kepada seluruh jajaran, untuk terus meningkatkan kegiatan sambang dan patroli di titik-titik rawan gangguan kamtibmas seperti terminal, pelabuhan, pemukiman yang ditinggal oleh pemilik, pusat perbelanjaan, Bank dan ATM, serta tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi saat perayaan Idul Fitri,”paparnya.

    “Berkaitan dengan kelancaran arus lalu lintas, Saya tekankan agara seluruh personil bisa memberikan pelayanana secara All Out. Berikan atensi penuh pada titik rawan laka dan rawan macet, terutama pada puncak arus mudik yaitu H-2 Idul Fitri dan puncak arus balik H+ Idul Fitri,”imbuh Eka.

    Disampaikan Bupati, Operasi terpusat Ramadniya akan dilaksanakan selama 16 hari dengan melibatkan 187.012 personil dari kepolisian serta dibantu stakeholders terkait seperti unsur TNI dan jajaran Pemerintah Daerah. “Pada pelaksanaan operasi  tahun 2016 lalu, jumlah laka lantas mengalami penurunan sebesar 72 kasus. Oleh karena itu, menurut Eka, seluruh jajaran diharapkan bekerja secara optimal supaya tercipta suasana harmonisasi yang sinergi antara stakeholders terkait.

    Dikatakan Hari Brata, S. I. K selaku Kapolres Sumedang, personil yang dilibatkan dari Kepolisian Resor Sumedang sebanyak 755 orang dan ditempatkan di berbagai pos, seperti pos PAM dan pos Pelayanan. “Kami dari kepolisian menghimbau kepada masyarakat untuk selalu bersama-sama menjaga kamtibmas, menghindari penjualan miras, dan juga selama operasi ramadniya diharapkan kepada para pemudik agar tetap waspada dan menjaga rumah, listrik dan antisipasi agar tidak terjadi pencurian,”pungkasnya.

    Diakhir kegiatan, dilaksanakan pula Pembacaan Selamat Ulang Tahun ke-71 kepada Bhayangkara oleh Bupati Sumedang, Kapolres, Dandim 0610, Danyon 301/PKS, DANSUBDENPOM, Wakapolres serta peserta apel lainnya.

    Masih diacara apel Operasi Ramadniya, dilakukan pula pemusnahan botol minumanbakohol. Sebanyak 2.537 (Dua Ribu Lima Seratus Tiga Puluh Dua) botol minuman beralkohol dari berbagai merk, 50 liter minuman oplosan, serta 1.200 liter tuak dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan stoom walls dan disaksikan oleh unsur Muspida, para pejabat instansi sipil, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM, pers serta unsur terkait lainnya.

    Pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) tersebut dilaksanakan di sela-sela kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Lodaya Tahun 2017 yang dipimpin oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, Perwira Apel Kompol Isman B. Romli Ahmad, serta IPTU Angga Handiman, S. I. K bertindak selaku Komandan Apel. Apel gabungan personil Kepolisian Resor Sumedang dan gabungan personil instansi terkait di Kabupaten Sumedang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus