Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perpustakaan Daerah Jabar Simpan Koleksi Koran Tahun 1620

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/koran-jabar.jpg

    BANDUNG – Salah satu barang pameran yang menjadi perhatian banyak pengunjung pameran pada pameran perpustakaan dan kearsipan di Pusdai Jabar Selasa (24/5) adalah copyan halaman 1 koran terbitan tahun 1620 yang berbahasa Cirebon. Meski dalam bentuk copyan, namun koleksi itu menjadi koleksi barang cetakan tertua yang ada di Perpustkaan Darah Jabar.

    “Ini koleksi kami yang tertua, barang cetakan yang berbentuk Koran terbitan tahun 1620. Koran ini dicetak di Bandung, namun berbahasa Cirebon. Ini copyannya saja, sedangkan yang aslinya ada di Badan Arisp Nasional di Jakarta” ujar Martono, salah seorang penjaga stan pameran dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Darah Jabar.

    Menurut Martono, sebenarnya masih banyak koleksi barang cetakan berupa majalah atau koran yang ada di Perpustakaan Daerah, dalam bentuk asli maupun copyan, namun tidak bisa dipamerkan seluruhnya. Martono juga menjelaskan, jaman dulu sebenarnya penerbitan koran dan majalan lebih banuak dari sekarang.

    “Jaman dulu itu sebenarnya lebih banyak dari sekarang, karena hampir tiap darah memiliki penerbitan sendiri, bahkan di daerahpun ada bisa ada beberapa penerbitan yang dimilliki oleh perseorangan, dulu marak sekali kelihatannya” ujar Martono.

    Menurut Martono, koleksi yang dimiliki Perpustakaan Daerah didapat dari berbagai sumber, ada dari perseorangan, atau dari peberbitannya sendiri. Kewajiban menyimpan karya cetak da karya rekam itu diatur melalui Undang-undang No.4 tahun 1990.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus