Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pembinaan RT/RW Se-Kecamatan Cisarua

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23691.jpg

    SUMEDANG-Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan membuka secara langsung kegiatan Pembinaan RT dan RW Tingkat Kecamatan Cisarua Tahun 2017, Selasa (20/6). Kegiatan yang diselenggarakan di kantor desa Ciuyah tersebut dihadiri oleh puluhan peserta yang merupakan perwakilan dari 7 desa yang ada di Cisarua. Kecamatan Cisarua sendiri memiliki 7 Desa, 136 RT, 41 RW dan 24 Kadus.

    Jajang selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan keberadaan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun warga (RW) memiliki peran yang sangat strategis. Dikatakan Jajang, untuk menunjang peran RT dan RW diharapkan Pemerintah Daerah harus dapat memfasilitasi kegiatan pembinaan perangkan RT dan RW agar administrasi yang dibuat dapat sesuai dengam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Peran utama RT dan RW  adalah sebagai mitra desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” ujarnya.

    Menurut Jajang, masalah yang muncul berkaitan dengan pelayanan pemerintahan adalah belum tersedianya data dan informasi yang berkaitan dengan peleyanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang diadministrasikan dengan baik oleh perangkat RT dan RW . disampaikan Jajang, masalah tersebut muncul salah satunya ditandai dengan interaksi sosial yang semakin dinamis, perkembangan jumlah populasi yang semakin bertambah dan berkembangnya jumlah pemukiman baru, sehingga dapat menimbulkan masalah berupa tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan di tingkat  RT maupun RW.

    “Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan pembinaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan administrasi yang dibuat di tingkat RT dan RW yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Jajang.

    Dikatakan Camat Cisarua, Drs. Agus Sujatmiko kegiataan pembinaan RT/RW selain dapat mempererat tali silaturahmi antara masyarakat, pemerintah desa, kecamatan serta pemerintah daerah, diharapkan juga berpotensi untuk menumbuhkan kesadaran dari aparatur desa dan juga masyarakat untuk berkeinginan mengembangkan potensi desa. “Keberadaan RT dan RW memberikan kontribusi yang besar untuk kemajuan Kecamatan Cisarua. Oleh karena itu melalui kegiatan pembinaan ini, diharapkan pelaksanaan pengalokasian dana desa bisa berjalan dengan lancar,” tukas Agus.

    Sementara itu Bupati Eka dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut Eka, Cisarua sudah merupakan kecamatan yang memiliki kekompakan yang baik dalam unsur pemerintahan. Menurutnya, dana desa (DD) yang dianggarkan untuk Kecamatan Cisarua semakin tahun semakin meningkat, oleh karena itu Eka mengharapkan para Kepala Desa lebih berhati-hati dalam menggunakan dana desa. “Saya harap, masyarakat Cisarua ikut mengawasi dan memantau penggunan DD supaya program-program pembangunan di Cisarua tepat sasaran. Mudah-mudahan, suasana kondusif di Cisarua tetap dijaga,” kata Eka.

    “RT dan RW merupakan penyelenggara pemerintahan yang berfungsi membantu camat untuk melayani masyarakat. Oleh karena itu saya menghimbau jangan sampai ada pelanggaran hukum terkait pengalokasian dana desa,” pungkas Eka.

    Masih di hari yang sama, Bupati Eka berkesempatan menghadiri kegiatan Penyerahan Santunan Untuk Kaum Dhuafa dan Fakir Miskin yang diselenggarakan oleh Baznas dan UPZ Kecamatan Cisarua yang dilaksanakan di Kantor Pusdai Cisarua. Dikatakan Ali Badjri selaku Ketua Baznas, UPZ Kecamatan Cisarua merupakan kebanggaan untuk Baznas, pasalnya UPZ Cisarua menjadi UPZ pertama yang melaksanakan kewajibannya untuk menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan. Adapun total bantuan yang diberikan sebanyak 40 juta Rupiah dan diperuntukan bagi  56 ustadz, santunan untuk 28 orang jompo, 38 anak yatim, 7 sarana keagamaan, serta santunan untuk modal usaha kecil.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus