Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Imbau Insan Media Mampu Tangkal Berita Hoax

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23758.JPG

    BANDUNG-Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau agar media massa atau mainstream mampu menangkal berita hoax yang beredar di masyarakat.

    “Saya berharap media cetak, elektronik maupun online ketika adanya informasi hoax yang meresahkan masyarakat maka media mainstream tampil untuk mengklarifikasi,”kata Ahmad Heryawan ketika memberi sambutan pada acara Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Gubernur Jawa Barat dengan Jajaran Insan Pers di ballroom Trans Luxury Hotel, Bandung, Jumat (23/6/2017)

    “Karena akhirnya ketika ada berita hoax yang menyebar di masyarakat ternyata yang terakhir dipercaya adalah media mainstream. Saya kira begitu, kalau menangkal hoax gampang saja,”tambahnya.

    Heryawan juga mengimbau agar jajaran insan pers di Jawa Barat menghadirkan berita atau informasi yang segar dengan bahasa yang baik, informatif dan mendidik

    “Dengan cara pemberitaan seperti ini akan mampu menepis berita hoax yang kini leluasa menyebar di masyarakat karena faktor teknologi informasi yang sangat mudah,”ungkapnya

    Secara sederhana memilah informasi hoax itu bisa terlihat dari unsur yang terkandung di dalamnya seperti 5 W dan 1 H.

    “Sederhana saja sebetulnya, kalau baca pemberitaan itu sumbernya harus memenuhi kriteria 5 W 1 H. Itu kan pasti terkonfirmasi sebuah fakta media terjadi seperti itu kemudian diberitakan apa adanya,”paparnya.

    Untuk itu, menurut orang nomor satu di Jawa Barat ini mengajak masayarakat agar tidak terjebak dengan informasi yang salah bahkan menyesatkan. Selain itu, mengimbau kepada masyarakat ketika menerima berita hoax agar tidak menyebarkannya terlebih dahulu sebelum diketahu kebenarannya.

    “Saya minta masyarakat untuk tidak terjebak berita hoax. Ketika ada yang ngeshare ke media sosial kita jangan dulu percaya, kalau ada hal yang dianggap janggal, jangan sekali-kali menyebar ke pihak yang lain kecuali kita sudah yakin betul informasi tersebut kebenarannya,”tuturnya.

    “Maka kalau informasi yang kita terima itu ragu ya tahan lah jangan dulu disebar mendingan konfirmasi dulu ke orang yang lebih kompeten,”imbuhnya

    Aher begitu sapaan Gubernur Jabar mengajak jajaran insan pers menghadirkan pilar demokrasi ke-4 secara baik.

    “Mari kita hadirkan pilar demokrasi secara baik karena pilar 1 sampai 3 (Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif -red) ada di pemerintahan,”katanya

    Menurutnya, media sebagai pilar ke-4 harus mampu mengontrol jalannya pemerintahan sehingga bisa mendorong kemajuan bangsa.

    “Media harus bisa mengontrol jalannya pemerintahan agar tetap berjalan dengan baik, berpihak kepada rakyat, kemajuan bangsa dan tidak diskrimasi dengan memihak sekolompok orang,”pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus