Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Eka Lakukan Sidak ke Tiap OPD

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23852.jpg

    SUMEDANG-Para Pejabat Utama pada Pemerintah Kabupaten Sumedang yakni Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah serta para Kabag, Camat dan perwakilan Pegawai Negeri Sipil dari tiap OPD se-kabupaten Sumedang tampak mengikuti apel gabungan pertama PascaCuti Hari Raya Idul Fitri 1438 H, yang digelar di lapangan upacara Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Sekretariat Daerah Kab. Sumedang, Senin (3/7/2017).

    Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan yang memimpin langsung apel pada kesempatan tersebut dalam amanatnya mengatakan kepada para aparaturnya seusai menjalani libur hari raya yang cukup panjang, agar kembali bersemangat dalam hal menjalankan tugasnya selaku pelayan masyarakat. “Setelah kita menjalani libur yang cukup lama, hari ini kita hadir untuk mulai bekerja, kembali melayani masyarakat, karena masih banyak tugas-tugas yang perlu diselesaikan,” terangnya.

    Dalam kesempatan itu, Bupati Eka juga mengungkapkan bahwa anggaran Pemkab Sumedang pada tahun 2018 cukup memperihatinkan. “Berkaitan dengan hal tersebut, untuk mensiasati kurangnya anggaran, maka hal yang harus kita lakukan adalah mencari sumber anggaran dari luar APBD dan menggali potensi dari investasi,” ujarnya.

    Namun demikian, dikatakan Eka, dengan keterbatasan anggaran yang dialami jangan sampai mengganggu proses birokrasi yang dijalankan pemerintahan kab. Sumedang. Berkaitan dengan akan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang periode 2013-2018, Eka pun berharap agar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kab. Sumedang bisa dituntaskan terlebih dahulu.

    “Seiring dengan akan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, maka tahun 2018 mendatang di Kab. Sumedang akan diselenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati baru. Namun, saya minta RPJMD Kab. Sumedang agar diselesaikan terlebih dahulu maksimal pada bulan Desember 2017 mendatang,” tukas Eka.

    Selepas apel, Bupati Eka pun bermushafahah dengan seluruh peserta apel yang hadir pada saat itu didampingi seluruh jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Sumedang, dilanjutkan dengan pelaksanaan sidak ke beberapa OPD yang dilakukan secara sampling, yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kelurahan Situ, Puskesmas Situ, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan, Dinas Perumahan, Permukiman & Pertanahan, serta Rumah Sakit Umum Daerah.

    Selain sidak kehadiran dan pelayanan yang dilakukan para aparaturnya, Bupati Eka juga memanfaatkan kegiatan tersebut untuk bersilaturahmi, baik dengan aparatur maupun dengan masyarakat yang sedang menerima pelayanan. Eka pun tak ragu untuk mencoba menggendong seorang bayi di RSUD yang sedang berkunjung ke Poli Anak RSUD saat itu. 

    Ditemui seusai sidak, Bupati Eka mengatakan bahwa ia bersyukur karena tingkat kehadiran pegawainya PascaLibur Idul Fitri terbilang tinggi. “Saya sampaikan terimakasih kepada seluruh aparatur Pemkab Sumedang yang mentaati aturan dengan telah memulai aktivitasnya kembali pada hari ini. Hal ini tampak dengan banyaknya aparatur yang mengikuti apel serta saat pelaksanaan sidak. Tentu ini juga sesuai dengan instruksi dari pusat yang mana tidak diperkenankan bagi PNS untuk mengambil cuti tambahan,” terangnya.

    Eka menambahkan, kalau ternyata ada pegawainya yang mangkir di hari pertama seusai libur hari raya tahun ini, maka akan dikenakan sanksi apabila terbukti melanggar dengan sengaja. “Tentu akan kita tindak (pegawai mangkir) apabila memang terbukti melanggar, setelah sebelumnya dikonfrontasi oleh atasannya masing-masing perihal ketidakhadirannya,” pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus