Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Edukasi Bencana Melalui Smartphone

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23891.jpg

    BANDUNG-Perkembangan teknologi internet di Indonesia terus menerus bertumbuh dan semakin masif. Masyarakat Indonesia yang didominasi oleh pemuda mempermudah penetrasi teknologi ini untuk semakin populer dan mewarnai kehidupan masyarakat.

    Pengguna smartphone Indonesia juga bertumbuh dengan pesat, dimana pada tahun 2016 sebanyak 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet dari total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang.

    Lembaga riset digital marketing Emarketeer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang dan diprediksi akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.

    Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melihat, kondisi ini adalah peluang yang besar untuk mensosialiasikan bencana melalui smartphone.

    “Bencana adalah keniscayaan bagi Bangsa Indonesia, namun budaya sadar bencana masih rendah sehingga korban bencana masih cukup besar,” ucapnya.

    Menurut Sutopo, meski pengetahuan masyarakat terhadap bencana saat ini meningkat pasca tsunami Aceh tahun 2014, tetapi pengetahuan ini belum menjadi sikap dan perilaku sehari-hari.

    “Untuk itulah BNPB mengembangkan aplikasi berbasis smartphone yang berisi film-film dan media penanggulangan bencana melalui BNPB TV yang merupakan sebuah tayangan berita dan informasi edukatif bencana,” katanya.

    Sutopo menyatakan, tayangan BNPB TV dapat dengan mudah dan cepat diakses melalui komputer, smartphone atau gadget, yang dikemas dalam bentuk tayangan yang mudah diakses kapanpun dan dimana saja oleh masyarakat luas.

    Masyakat luas dapat mengakses BNPB TV dengan  download dari Google Play untuk pengguna android di https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.bnpbindonesia.app&hl=in,” tuturnya. (Parno

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus