Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PT KAI Undang Stakeholder Bahas Bisnis Peti Kemas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23975.jpg

    BANDUNG–PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengundang sejumlah pengusaha, dan stakeholder terkait untuk membahas pengembangan bisnis pengiriman logistik melalui moda kereta api dari Stasiun Gedebage.

    Kepala Stasiun KA Bandung, Saridal mengatakan keberadaan angkutan barang di stasiun peti kemas Gedebage saat ini perlu dukungan dari berbagai pihak khususnya pengusaha untuk kembali meramaikan bisnis logistik.

    “Sejak awal tahun ini, Januari 2017, status Gedebage bukan lagi dry port tapi sebagai Terminal Penimbunan Sementara atau TPS. Namun bukan berarti bisnis pengiriman berhenti, justru bisa dimanfaatkan oleh pengusaha ekspor dan impor dari Jabar,” tegasnya, Rabu (12/7).

    Saat ini diakuinya kegiatan pengiriman barang melalui Stasiun Gedebage masih sangat kecil. Hal itu karena waktu operasinya tidak setiap hari. Yakni hanya akhir pekan, Jumat, Sabtu dan Minggu saja. Itu pun hanya tiga kali keberangkatan.

    Menurunya angkutan barang peti kemas terjadi sejak adanya tol Cipularang. Namun saat terjadi gangguan amblas jalan tol di Cisomang, terlihat ada peningkatan pengiriman barang.

    “Ini berarti angkutan KA bisa menjadi alternatif pengiriman barang. Anti macet dan tarifnya bersaing dengan angkutan darat lainnya,” tuturnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus