Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Unpad Pagelarkan Carita Pantun Lutung Kasarung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1665.JPG

    BANDUNG – Universitan Padjajaran, kembali menggali budaya tradisi dengan mementaskan Setra Karesmen Lutung Kasarung, yang digelar di Aula Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Jl Dipatiukur Sabtu sore (29/5). Setra Karesmen Lutung Kasarung didikung oleh sekitar 20 seniman tembang sunda Cianjuran dari berbagai daerah di Jawa Barat. Pagelaran yang berlangsung 2 jam itu dihadiri langsung Rektor Unpad Prof. DR Ganjar Kurnia, yang juga bertindak sebagai inisiator pegelaran.

    “Ini merupakan kegitan rutin Unpad untuk mengangkat seni budaya Sunda. Bulan ini kita mengangkat Setra Karesmen Lutung Kasarung, sebagai pengingat kembali terhadap cerita rakyat Pasundan yang sudah sangat terkenal itu” ujar Pimpinan Produksi, Ayi Deni.

    Pagelaran Setra Karesmen didukung oleh 8 juru mamaos putra putri, 9 nayaga, dan rampak sekar dari SMKN 10 Bandung. Mereka semua duduk di panggung dengan luas kurang lebih 6X3 meter.

    “Naskah Setra Karesmen Carita pantun Lutung Kasarung karangan Sayudi ini tahun 1980 dulu pernah direkam oleh Dasentra, dan tahun 1070-an pernah juga dipentaskan dalam bentuk Gending Karesmen (Drama musical-red). Nah saat ini kita menyajikan dalam bentuk Setra Karesmen, dalam arti, penonton hanya disuguhi carita pantun yang diceritakan lewat tembang Sunda Cianjuran, tanpa ada adegan dramanya” ujar Ayi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus