Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Walikota Bandung Menduga Ada Sabotase Perubahan Warna Air PDAM Bandung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24077.jpg

    BANDUNG-Wali Kota Bandung menduga ada unsur sabotase terhadap perubahan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung.

    Menurutnya jika terjadi kesalahan pada proses pengolahan air PDAM maka sekitar 500 rumah akan tercemar. Namun faktanya, kejadian itu hanya terjadi di tiga rumah saja. 

    "Kalau masalahnya di air PDAM maka 500 rumah akan terkontaminasi, ini cuma tiga dan itu pun aclok-aclokan (hanya sebagian-red)," katanya kepada wartawan di Bandung belum lama ini.

    Emil, begitu sapaan Wali Kota Bandung, memastikan berubahnya warna air menjadi merah di beberapa rumah di Gg Hidayah, RT 01 RW 06, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astananyar, bukan kesalahan dari pihak PDAM Tirtawening.

    "Ini menandakan ada sabotase di tiga rumah itu saja. Ini cuma masalah ketetanggaan," tegasnya. 

    Adapun, Direktur PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, mengatakan, hingga kini PDAM Tirtawening masih menunggu hasil uji laboratorium. 

    Menurutnya, pada saat dilakukan pengecekan, produksi air milik PDAM di Badak Singa maupun Dago Pakar semua normal dan bening serta tidak mengeluarkan air merah.

    "Laporan sementara sampai sejauh ini dari Tim URC tidak ditemukan kebocoran pipa serta tidak menemukan air merah itu sumbernya dari mana," katanya.

    PDAM Bandung juga mengecek situasi lingkungan sekitar, dikhawatirkan ada sungai yang mengalir secara terus menerus dan berpotensi mengalirkan limbah. Namun, dikatakan Sonny pihaknya pun tidak menemukan aliran tersebut.

    "Melihat situasi lingkungan, tidak ada sungai besar. Hanya ada sungai kecil dan drainase yang airnya warna merah," ujarnya

    Selain itu, PDAM Bandung juga akan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup agar bisa diketahui penyebab berubahnya air PDAM itu menjadi warna merah.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus