Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Lansia Harus Tetap Sehat, Aktif, Produktif dan Mandiri

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24087.jpg

    INDRAMAYU-Usia senja atau lanjut usia (lansia) tidak bisa dihindari dalam fase kehidupan manusia, namun demikian bagi yang telah memasuki usia tersebut harus tetap sehat, aktif, produktif, dan juga mandiri.

    Hal tersebut ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika memberikan sambutan pada acara Kampanye Kesehatan Lanjut Usia dalam rangka Hari Lanjut Usia tingkat Kabupaten Indramayu yang berlangsung, Selasa (18/07/2017) di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu.

    Menurut bupati, Indonesia saat ini masuk ke dalam negara berstruktur penduduk tua karena memiliki proporsi lanjut usia (lansia) usia 60 tahun keatas yang cukup besar. Berdasarkan data Susenas tahun 2015, terdapat jumlah lansia sebanyak 21,5 juta jiwa atau sekitar 8,43% dari seluruh penduduk Indonesia, bahkan data tersebut cenderung meningkat setiap tahunnya, sehingga akan diikuti pula meningkatnya masalah lansia.

    Salah satu permasalahan utama lansia, lanjut bupati adalah penurunan fungsi organ tubuh sehingga para lansia rawan terhadap serangan berbagai macam penyakit yang pada gilirannya dapat menurunkan tingkat aktivitas keseharian.

    Untuk itu, melalui kegiatan kampanye kesehatan lanjut usia ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku, dan keterampilan lansia agar menjadi lansia yang sehat, aktif, produktif dan mandiri, disamping itu dapat menumbuhkembangkan kepedulian masyarakat terhadap lansia.

    “Kepada para lansia, saya mengajak untuk senantiasa melakukan pencegahan dan pengobatan penyakit khususnya penyakit degeneratif atau kronis. Jaga selalu pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, jaga pola istirahat, lakukan kegiatan yang mengasah otak, lakukan aktivitas fisik ringan secara rutin, pelihara relasi sosial yang harmonis serta tingkatkan kedekatan diri dengan Allah SWT,” ajak bupati.    

    Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Indramayu mengharapkan para lansia untuk  tetap semangat dalam berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan daerah, berbagi pengalaman dan membimbing generasi muda dalam menjalani kehidupan bermasyarakat agar mereka tidak salah arah.

    Pada kampanye Kesehatan Lanjut Usia tersebut, sebelumnya telah dilakukan senam masal bersama para lansia, pemeriksaan kesehatan, pemberian doorprize, dan juga kegiatan ramah tamah. DENI SANJAYA / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus