Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Siap Akomodir Raperda Inisiatif Pengelolaan Hutan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1234.JPG

    Wagub Jabar, Dede Yusuf (31/5) menghadiri sidang paripurna DPRD Jabar dengan agenda sidang pemaparan usulan Raperda inisiatif. Dari Raperda yang diusulkan sebagai inisiatif diantaranya Raperda tentang Pengelolaan Hutan Kemitraan dan Hutan Hak yang merupakan prakarsa Komisi B DPRD Jabar.

    Berkaitan dengan usulan raperda tersebut, Pemprov. Jabar siap mengakomodir , papar Wagub dalam keterangannya kepada wartawan usai mengikuti sidang paripurna.

    Menurut Wagub, pada prinsifnya Pemprov. Jabar siap mengakomodir usulan tersebut. Untuk data tentang kondisi hutan kini sudah ada. Pemprov. Jabar, untuk program pengelolaan hutan juga siap mengimplementasikan.

    Melalui kehadiran Raperda tersebut, diharapkan dapat memaksimalkan pengelolaan hutan, dalam rangka mewujudkan fungsi hutan sebagai fungsi ekologi dan  fungsi ekonomi serta fungsi konservasi.  

    Mengingat kondisi  di Jabar luas areal hutan tercatat mencapai 850.000 Ha, melalui kehadiran Raperda tersebut diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kejadian hutan gundul.

    Sementara itu, Kadishut Jabar, Budi Susatijo dalam keterangannya secara terpisah kepada jabarprov.go.id mengatakan melalui Raperda inisiatif tentang Pengelolaan Hutan Kemitraan dan Hutan Hak diharapkan dapat menjadi payung hukum pembinaan hutan yang kini masih mengalami keterbatasan diantaranya terbatasnya anggaran.

    Alokasi anggaran untuk pembangunan sektor kehutanan dalam APBD Provinsi Jabar rata-rata 1% per tahun dari jumlah alokasi dana yang ada di Dishut Jabar. Dengan diberlakukannya aturan baru yang mengatur Pengelolaan Hutan Kemitraan dan Hutan Hak, diharapkan dapat membuka sumber dana baru untuk pembangunan kehutanan diantaranya melalui CSR. (nur)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus