Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kerugian Bencana Capai Ratusan Triliun

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24178.jpg

    BANDUNG–Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mencatat kerugian akibat bencana alam di Indonesia  sejak tahun 2004 hingga 2014 mencapai ratusan triliun rupiah, belum lagi korban jiwa yang mencapai ribuan nyawa melayang dan harta lainnya seperti kehilangan rumah.
     
    Anggota BPK Rizal Jalil dalam sebuah seminar di ITB Bandung mengatakan, kerugian materiil akibat bencana alam di Indonesia mencapai Rp167 triliun rupiah.
     
    “Selama kurun waktu sepuluh tahun dari 2004 hingga 2014, kerugian harta akibat bencana mencapai Rp167 triliun lebih,” tegasnya, Senin (24/7).
     
    Untuk itu, menurutnya diperlukan pemanfaatna data yang akurat dari Badan Geologi termasuk memaksimalkan teknologi untuk mencegah banyaknya koraban akibat bencana.
     
    Sebenarnya, untuk bencana gerakan tanah, Badan geologi sudah membuat peta bencana. Namun sayangnya, menurut Rizal, peta itu masih belum menjadi acuan bagi pemerintah daerah untuk memitigasi bencana.
     
    Namun, dia juga mendorong badan geologi untuk menambah peralatan yang lebih canggih, terutama untuk memantau gunung api diseluruh Indonesia. Menurut dia, dari ratusan gunung api, hanya ada pos pemantau di 72 lokasi saja.
     
    “Ajukan saja anggaran untuk memodernisasi peralatan, karena memang saat ini jumlahnya kurang. Termasuk menambah SDM untuk memantau pos di gunung api di Idnonesia,” tegas dia. jo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus