Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    KLHK Apresiasi Upaya Konservasi Burung di Bandung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24200.jpg

    KAB.BANDUNG-Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Dahono Adji mengapresiasi upaya penangkaran burung jenis Jalak Bali di Bandung yang sudah berhasil menambah jumlah Jalak Bali di Indonesia. 

    Dalam acara Pelepasliaran Burung di Tahura Bandung bersama Wagub Jabar Deddy Mizwar, Selasa (25/7), Bambang menuturkan, tahun 1998 lalu di Bali, habitat Jalak Bali, hanya ada 5 ekor yang tersisa, atu hampir punah.

    "Tetapi berkat upaya berbagai pihak, alhamdulillah burung Jalak Bali kini jumlahnya sudah lebih dari 200 ekor, bahkan di sebuah penangkaran di Bandung, sudah bisa ekspor burung jalak Bali. Ini hebat, yang mampu menangkarkan bahkan sampai bisa ekspor bukan di Bali tetapi di Bandung," katanya.

    Menurut Bambang, jual beli satwa liar yang dilindungi diperbolehkan selama itu adalah satwa hasil penangkaran, bukan indukan dari alam liar.

    "Itu diperbolehkan, dan dilindungi undang-undang. Tetapi satwa yang diperjualbelikan itu harus hasil dari penangkaran dan jumlahnya harus sudah banyak, artinya tidak mengancam terhadap keberlangsungan satwa tersebut," terang Bambang.

    Bambang juga menuturkan, Kementerian LHK terutama di bidang konservasi dan keanekaragaman hayati tengah terus berupaya menyelamatkan berbagai jenis satwa yang dikategorikan hampir punah, termasuk juga mendata secara resmi tempat-tempat penangkaran. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus