Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dua Ekor Harimau Benggala Lahir di Kebun Binatang Bandung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24313.jpg

    BANDUNG-Kebun Binatang Bandung (KBB) kedatangan anggota baru dengan lahirnya dua ekor harimau jenis Benggala dari pasangan Sheila dan Shahrukh Khan. Kedua ekor harimau ini dalam kondisi sehat.

    Kepala Divisi Konservasi Kebun Binatang Bandung, Dedi Trisasongko mengatakan, ini merupakan kali pertama harimau yang dibawa dari Maharani Zoo Lamongan itu melahirkan. Sheila dikawinkan dengan Shahrukh Khan, harimau jantan milik Kebun Binatang Bandung.

    "Ini merupakan breeding loan dengan Maharani Zoo Lamongan, Shila ke sini tanggal 3 Maret 2016. Dalam perjanjian akan di KBB selama 3 tahun," katanya kepada wartawan di Bandung, Rabu (2/8/2017).

    Menurutnya, kedua bayi harimau yang terdiri dari satu ekor jantan dan betina ini secara umum dalam kondisi sehat. Untuk bayi harimau jantan memiliki berat 4,5 kg sedangkan betina 4,9 kg.

    Waktu baru melahirkan petugas tidak bisa langsung memegang bayi harimau tersebut karena kalau dilakukan maka sang induk tidak mau menyusuinya lagi.

    "Pas Hari Raya Idul Fitri (25/6) kedua bayi harimau Benggala ini lahir dalam proses normal langsung disusui induknya, artinya kondisi bayi tersebut sehat," ungkapnya.

    Menurutnya populasi harimau Benggala ini terancam punah sama halnya dengan harimau sumatera. Dikatakan Dedi meski bukan asli harimau Indonesia pihaknya akan melestarikan populasi harimau tersebut.

    KBB sendiri, sebelum bayi harimau ini lahir, hanya memiliki dua ekor harimau jenis Benggala, yaitu Shila dan Shahrukh Khan. Sedangangkan untuk harimau Sumatera sebanyak 4 ekor, terdiri dari 1 jantan dan 4 betina.

    "Meski bukan asli Indonesia, harimau Benggala ini wajib dilestarikan," ujarnya

    Dedi menjelaskan selama ini perawatan yang dilakukan terhadap dua ekor harimau Benggala yang baru berusia 39 hari ini dengan menjemur setiap pagi sekitar 1 jam dan dikembalikan lagi ke induknya.

    "Selama sebulan ini setiap hari kita jemur lalu dikembalikan lagi ke induknya untuk disusui," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus