Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penelitian Ciletuh Akan Terus Dilanjutkan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24353.jpg
    Curug Cilempet, salah satu kekayaan Geopark Ciletuh-Palabuanratu

    BANDUNG-Tim Asesor UNESCO Global Geopark (UGG) telah selesai menuntaskan rangkaian kunjungannya di kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu untuk menjadi kawasan Geopark dunia versi UNESCO. Namun demikian, Unpad tetap akan melanjutkan penelitian dikawasan geopark tersebut.

    Rektor Unpad Trihanggono Ahmad mengatakan, dengan adanya penilaian tersebut nantinya akan ada sertifikasi khusus sehingga ada standar yang jelas dalam pengelolaan dan pengembangan Ciletuh.

    “Insya Allah  kita akan dapat sertifikasi. Itu artinya kita bisa membangun standar pengelolaan geopark yang baik,” ujar Rektor.

    Keterlibatan Unpad dalam membangun kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu terus digulirkan oleh Rektor.

    Pada saat penilaian, Tim Asesor UNESCO juga didampingi Guru Besar Fakultas Teknik Geologi Unpad Prof. Ir. Mega Fatimah Rosana, M.Sc., PhD. Bahkan, tim asesor juga diajak untuk mengunjungi gedung Bumi Walagri Padjadjaran yang ada di kecamatan Surade.

    Lebih lanjut Rektor menuturkan, berbagai riset Unpad di Ciletuh menunjukkan bahwa produk akademik Unpad diakui dengan baik. Kontribusi ini menjadikan keunggulan tersendiri bagi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, yaitu satu-satunya kawasan Geopark yang melibatkan unsur perguruan tinggi.

    Saat ini, Unpad telah membentuk Pusat Penelitian Geopark dan Kebencanaan Geologi yang diketuai Prof. Mega. Pusat unggulan Unpad ini diharapkan menjadi rujukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan terhadap pengelolaan sumber daya geologi, biologi, dan budaya untuk dapat dikembangkan melalui konsep taman kebumian. jo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus