Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tanggal 8 Agustus Akan Terjadi Gerhana Bulan Parsial

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24372.jpg

    BANDUNG-Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan bahwa pada tanggal 8 Agustus 2017 akan terjadi gerhana bulan parsial di seluruh wilayah Indonesia. "Jadi pada 8 Agustus dini hari akan terjadi gerhana bulan parsial bukan gerhana bulan total," katanya kepada wartawan di Bandung, Minggu (6/8/2017).

    Kepala Pusat Saint Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Clara Yatini menjelaskan, kronologis terjadinya gerhana bulan parsial ini meliputi Fase Awal Penumbra pada 7 Agustus pukul 22:50:02 WIB, Fase Awal Umbra pukul 00:22:55 WIB pada 8 Agustus, Fase Puncak yaitu mengalami kegelapan (01:20:27 WIB), Fase Akhir Umbra (02:18:10 WIB) dan Fase Akhir Penumbra (03:50:56 WIB).

    Clara menilai fenomena alam tersebut terbilang normal karena setiap terjadi bulan purnama akan terjadi gerhana bulan. 

    Gerhana bulan berdampak pada naiknya air laut. Pasalnya, posisi antara bumi-bulan dan matahari dalam satu garis yang sama. Pasang air laut merupakan fenomena alam yang normal. 

    "Biasanya air laut akan pasang karena posisi bulan bumi dan matahari dalam keadaan segaris. Nah itu akan mengakibatkan pasang air laut yang besar," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus