Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    OJK Panggil BPR yang Kebobolan Miliaran Rupiah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24416.png

    BANDUNG–Polda Jabar mengumumkan telah menangani kasus pembobolan dana miliaran rupiah pada sebuah BPR di Kabupaten Bandung, dengan modus penyaluran kredit menggunakan agunan sertifikat sertifikasi guru palsu. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hari ini pun memanggil BPR tersebut untuk diperiksa.

    Kepala OJK Jabar, Sarwono mengatakan pemeriksaan dilakukan terhadap satu BPR tersebut untuk mengetahui alur proses pencairan kredit sehingga bisa bobol hingga mencapai Rp 36 miliar.

    “Kami dalam konteks mengawasi dan memeriksa, kenapa ini bisa terjadi?. Kalau proses hukum itu sudah ditangani Polda,” ujarnya, Kamis (10/8).

    Ia mengatakan prosedur pemberian kredit di bank baik itu bank umum, syariah atau BPR sama saja, yakni melalui prosedur panjang dan melalui asas kehati-hatian yang tinggi. Jika ternyata ada yang bobol, kemungkinan besar ada oknum yang bermain.

    “Ada oknum yang membuat mudah pencairan kredit di BPR ini, bisa saja guru ini tidak tahu, soalnya hanya menerima duit saja,” tegasnya.

    Menurut Sarwono, sertifikat yang asli sebenarnya sudah digadaikan di BPR lainnya, namun kemudian diduplikasi sangat mirip sehingga dapat diajukan ke bank lainnya.

    “Ini sudah pernah kami temukan dan sudah kasih peringatan untuk diperbaiki. Namun ternyata masih ada. Kami akan memberikan sanksi tegas kepada pelaku, saat ini sedang melakukan pemeriksaan oleh OJK,” tegasnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus