Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sosiodrama Perjalanan Kemerdekaan Republik Indonesia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24516.jpg

    BANDUNG-Jelang penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, pihak Kodam III/Siliwangi selenggarakan acara "Sosiodrama Perjalanan Kemerdekaan Republik Indonesia", yang mengambil tempat di Jalan Dipenogoro depan Gedung Sate Bandung, Kamis (17/8) pada sekitar pukul 08.30 hingga 09.00 wib.

    Puluhan prajurit dan masyarakat dilibatkan untuk suksesnya pertunjukkan tersebut, termasuk kendaraan lapis baja masa tahun 40-an. Kostum yang dipakai para pelaku sosiodrama pun disesuaikan dengan kondisi masa itu.

    Sosiodrama mengisahkan perjalanan perlawanan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda dan Jepang, hingga titik puncaknya, yaitu pernyataan Kemerdekaan yang dibacakan oleh Bung Karno, pada 17 Agustus 1945. Rupanya, perjalanan bangsa Indonesia itu tidak cukup dengan deklarasi kemerdekaan saja, karena adanya rongrongan Belanda yang ingin menjajah kembali dengan membonceng kedatangan tentara sekutu.

    Peperangan demi peperangan terjadi, dan sampailah di Kota Bandung dimana rakyat menolak kehadiran mereka (penjajah). Penjajah Belanda yang masuk ke Kota Bandung, disambut oleh rakyat dengan membakar seluruh bangunan. Peristiwa ini terkenal dengan nama "Bandung Lautan Api".  

    Pada akhir kisah sosiodrama, digambarkan bagaimana tangguhnya dan berani matinya bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda. Klimaksnya adalah kemenangan rakyat dan bangsa Indonesia mengusir Belanda yang disambut suka cita rakyat Indonesia.

    Acara sosiodrama tersebut disaksikan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur, Kajati Jabar, Pengti Jabar, Kapolda, dan Ketua DPRD Jabar serta warga masyarakat yang memenuhi jalan Dipenogoro Bandung.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus