Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Konsumsi Ikan Tahun Ini Ditargetkan 50 Kg / Tahun

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24534.jpg

    BANDUNG–Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, satu dari empat warga Indonesia ukuran ketinggian badannya terbilang pendek atau kuntet. Hal itu menurutnya, karena kurang makan ikan sebagai sumber protein tinggi.

    “Daerah yang konsumsi ikannya kurang banyak kasus kuntet, jadi saya ingin terus gaungkan makan ikan agar SDM kita memiliki fisik yang kuat dan IQ yang bagus,” tegasnya di Bandung, Jumat (18/8).

    Saat ini menurut Susi, tingkat konsumsi ikan masih 43 kg / tahun, dan tahun ini tingkat konsumsi harus mencapai 50 kg/ tahun. Tahun depan, 2018, konsumsi ikan kembali ditargetkan naik sebesar 53 kg/ tahun.

    Untuk memenuhi target konsumsi ikan itu tentunya diperlukan stok ikan yang cukup. Bukan hanya ikan tangkapan laut saja, namun ikan tambak dan olahan ikan.

    “Untuk naik 3 kg / tahun saja diperlukan stok ikan sebesar 750 ribu ton. Ini tentunya harus disiapkan stoknya,” tegas menteri kelahiran Pangandaran, Jabar ini.

    Lalu ikan apa saja? Menurut Susi, tidak perlu ikan yang mahal seperti salmon, namun cukup ikan yang murah saja dan merupakan endemic Indonesia. Misalnya ikan tongkol, ikan Nila, mas, gurame dan lainnya.

    “Nggak usah ikan mahal, banyak ikan murah harganya, lebih murah dari daging ayam,” ujar Susi menjawab pertanyaan mahasiswa yang menanyakan masih tingginya harga ikan laut. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus