Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Banyak Tantangan Dihadapi dalam Membangun Infrastruktur Dasar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24622.jpg

    BANDUNG–Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) M. Basuki Hadimuljono mengatakan banyak tantangan yang dihadapi pemerintah dalam membangun infrastruktur dasar.

    “Misalnya disparitas antara wilayah terutama di kawasan Indonesia Barat dengan Timur, disparitasnya jauh,” ujar dia di ITB, Bandung, Kamis (24/8).

    Tantangan lainnya adalah daya asing nasional yang masih terus didorong untuk ditingkatkan dengan meningkatkan konektifitas antara daerah. Kemudian urbanisasi yang tinggi sebesar 53 % penduduk tinggal diperkotaan serta pemanfaatan sumber daya yang optimal dalam mendukung kedaulatan energi dan pangan.

    Setidaknya, menurut Menteri PU Pera Basuki, ada lima terobosan yang kini dilakukan oleh pemerintah untuk mengurai semua masalah tersebut. Pertama dengan memperbaiki regulasi dan hukum sehingga memudahkan untuk investasi dan percepatan pembangunan.

    Kemudian ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam jumlah dan kualifikasi yang cukup. Sehingga menurutnya akan terus diupayakan menambah jumlah SDM tersertifikasi. Tahun 2019, ia menargetkan sebanyak 3 juta tenaga teknik bersertifikat.

    Pendanaan juga menjadi maslaah, sehingga digunakan berbagai skema pendananaan yang inovatif, dengan lebih banyak melibatkan swasta. Kemduain kepemimpinan nasional hingga daerah juga harus diperkuat untuk mampu menjalankan rencana pembangunan sesuai track-nya.

    “Dukungan hasil riset dan teknologi inovatif juga harus dilakukan,” tuturnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus