Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ratusan Siswa Ikuti Simulasi Shalat Idul Adha

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24668.jpg

    BANDUNG-Menyambut Hari Raya Idul Adha yang rencananya jatuh pada 1 September 2017 sekitar 320 siswa termasuk tenaga pendidik dari Sekolah Menengah Pertama Darul Hikam mengikuti kegiatan simulasi Shalat Idul Adha.

    Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sekaligus Ketua Panitia Simulasi dan Workshop Idul Adha SMA Darul Hikam, Agus Rohman menjelaskan tujuan simulasi itu adalah memperdalam pengetahuan agama khususnya pelaksanaan shalat Idul Adha bagi para siswa. Pasalnya, shalat sunah tersebut hanya dilakukan setahun sekali sehingga ada kemungkinan besar lupa akan materi shalat yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. 

    "Sebagai persiapan siswa dibekali tata cara shalat Idul Adha yang baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW," katanya kepada wartawan di Bandung, Selasa (29/8/2017).

    Agus mengungkapkan selain diberi materi praktik pelaksanaan shalat Idul Adha, para siswa pun dibekali materi kepanitian Idul Adha yang meliputi pembawa acara (MC), panitia penyelenggara kurban termasuk menjadi imam dan khatib pada shalat Idul Adha.

    Hal ini merupakan bagian dari pendidikan karakter dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik.

    "Pemberi materi dalam shalat Idul Adha pun berasal dari siswa sehingga lebih besar partisipasi siswa," ujar Agus.

    SMA Darul Hikam juga memberikan workshop Idul Adha bagi tingkat SMP, SMA dan perwakilan utusan OSIS serta Rohis se-Kota Bandung untuk turut bersama mengikuti tata cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dengan menghadirkan nara sumber dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

    "Materinya, seperti perlakuan kepada hewan kurban, persyaratan hewan kurban yang akan disembelih, manajemen pembagian hasil pemotongan hewan kurban termasuk pengemasan dan pendistribusian daging hewan kurban. Tujuannya memberikan pemahaman bagi siswa," paparnya. 

    Dia berharap para siswa mengetahui tata cara kurban yang baik dan benar seperti dicontohkan keluarga Nabi Ibrahim AS sehingga pada suatu saat jika mereka sudah mampu berkurban bisa melakukannya dengan baik.

    Para siswa juga dilatih untuk melakukan infaq kurban setiap kelas. Juga menitipkan hewan kurban kepada pihak sekolah dan mereka sendiri yang akan mengaturnya.

    "Kegiatan ini juga diharapkan agar bisa menumbuhkan jiwa kurban di kalangan para siswa sehingga mampu mewujudkan pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus