Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sekda Jabar Apresiasi Perusahaan Peduli Lingkungan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24671.jpg

    BANDUNG-Sekda Jabar Iwa Karniwa mengapresiasi langkah perusahaan Sinar Mas Group, Pimpinan Polri (SESPIMPOL) dan Yayasan Belantara telah melakukan kegiatan penanaman pohon di Lembang Bandung, Jawa Barat. Sebanyak 1.600 bibit pohon ditanam di kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat. 

    Iwa menghimbau, penanaman pohon ini bukan hanya sebatas seremonial semata, melainkan pula adanya kegiatan perawatan pohon dalam jangka waktu 2 tahun, katanya kepada wartawan di Sesmimpolri Lembang, Selasa (29/8/2017).

    Beberapa program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam melestarikan lingkungan salah satunya penghijauan dan pelestarian mata air. Namun, menurut Iwa jauh lebih penting melakukan penanaman bibit pohon untuk mencegah longsor di kawasan lahan kritis. 

    "Insya Alloh ke depan kita akan lanjutkan proses penghijauan, tapi untuk mencegah longsor. Penanaman pohon jauh lebih penting, kita siapkan bantuan dari CSR perusahaan sebanyak 3.000 bibit pohon,"ungkapnya.

    Iwa pun mengapresiasi peran media karena penyampaian informasi dan edukasi tentang lingkungan disampaikan dengan baik kepada masyarakat luas. "Dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan median yang sudah menyampaikan informasi terkait pentingnya pelestarian lingkungan,"ungkapnya.

    Iwa menjelaskan, di wilayah Jabar selatan tutupan ruang sudah mulai berlangsung. Pemprov Jabar pun akan menggalakan pelestarian lingkungan di wilayah Garut yang pernah mengalami bencana alam. Selain itu, program penghijauan pun akan dilakukan di Indramayu dengan penanaman pohon mangrove.

    Wilayah Jawa Barat menargetkan tutupan ruang  mencapai 40 persen. Sekarang baru tercapai 33 persen. Mencapai posisi 40 persen diakui Iwa memang tidak mudah. Untuk itu, Pemprov Jawa Barat mencegah terjadinya perambahan hutan, dan melakukan penghijauan yang berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitaranya. 

    Pemprov Jabar pun menghimbau kepada perusahaan yang berada di Jawa barat untuk berperan dalam pelestarian lingkungan melalui program Coorporate Social Responsibilty (CSR). "Kita akan terus mendorong beberapa perusahaan untuk ikut serta dalam pelestarian lingkungan di Jawa Barat,"ungkapnya.

    Sebelumnya, pelestarian lingkungan di pinggiran sungai sudah dilakukan oleh Perbanas Jawa Barat dengan menanam pohon bambu di pinggiran sungai kawasan Dago, sehingga kalau dilihat pinggiran sungai Cikapundung seperti di pedesaan atau perkampungan dengan air yang jernih 

    "Tempo hari sudah dilakukan oleh Perbanas Jawa Barat, Alhamdulillah sekarang sudah tumbuh sekitar 1.000 pohon, pungkasnya (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus