Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jika Tidak Dikelola Dengan Baik, Potensi Alam Jabar Bisa Jadi Bencana

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24684.jpg

    BOGOR-Potensi sumber daya alam Jawa Barat sangat berlimpah yang bisa dimanfaatkan. Tetapi menurut Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, potensi bencananya pun cukup tinggi, apalagi kalau potensi sumber daya alam itu tidak dikelola dengan baik atau tidak ramah lingkungan. Hal itu diungkapkan Demiz dalam sambutan pembukaan Sawala Eco Village Wilayah Sungai Ciliwung di Bogor, Rabu (30/8).

    "Luar biasa sumber daya alam Jabar ini dari mulai sungai, laut, hutan dan lain-lain. Jika bisa kita manfaatkan dengan baik, ini akan membawa berkah, tetapi jika tidak maka setiap tahun kita hanya akan disibukan dengan bencana. Contohnya Cimanuk Garut beberapa waktu lalu. Kita tidak menyangka akan ada banjir bandang di situ, ternyata akibat di hulu sungai Cimanuk hutannya rusak karena ulah kita sendiri," papar Demiz.

    Oleh sebab itu menurut Demiz, adanya komunitas eco village akan sangat membantu upaya pelestarian lingkungan karena berasal dari kesadaran masyarakat sendiri.

    "Terutama masyarakat di sekitar DAS sungai besar di Jabar seperti Citarum, Cimanuk dan Ciliwung ini. Jika tidak diantisipasi sejak sekarang, kapan lagi?, nunggu bencana datang lagi?. Ciliwung ini relatif belum banyak tercemar baik oleh industri dan limbah domestik, jadi perlu dipertahankan. Dan saya optimis komunitas eco village bisa melakukan itu," jelasnya.

    Sawala Eco Village wilayah Ciliwung digelar di Gedung IPC Pelindo di Ciawi Bogor yang dihadiri ratusan penggiat lingkungan. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus