Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Amal Shaleh Dibentuk 3 Unsur

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24697.jpg

    BANDUNG-Idul Adha selamanya tidak dapat dipisahkan dari Ibadah Haji yang diwajibkan Allah SWT dan ditempatkan sebagai rukun Islam yang kelima serta anjuran untuk berkurban dengan menyembelih hewan ternak.

    Dalam Khutbah Idul Adha 1438 H Tingkat Jawa Barat, Prof. Dr. Afif Muhammad, MA mengatakan, agar suatu amal menjadi "Amal Shalih", menurut al-Imam al-Harits bin Asad al-Muhasibiy, guru Imam al-Ghazali, ada tiga unsur pembentuk yang harus dipenuhi.

    "Tiga unsur yang harus dipenuhi itu agar suatu amal menjadi "Amal Shalih" yaitu Kerja Fisik, Kerja Intelektual dan Kerja Kalbu," ucap Afif, dalam Khutbah Idul Adha, Tingkat Jawa Barat, di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (01/09).

    Menurut Afif, kerja fisik adalah kerja yang kualitas produksinya ditentukan oleh keterampilan pelakunya dalam menggunakan berbagai alat. Semakin terampil seseorang dalam menggunakan alat produksi, akan semakin tinggi pula kualitas produksinya.

    Sementara Kerja Intelektual adalah kerja pikiran dimana yang dihasilkan adalah ilmu pengetahuan yang menjadi dasar bagi kerja fisik, sedangkan Kerja Kalbu adalah kerja yang didasarkan pada keimanan kepada Allah SWT dimana orang yang beriman selalu memulai kerjanya dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus