Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan : Pembangunan Butuh Data Valid dan Akurat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_97914.jpg

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta Badan Pusat Statistik (BPS) senentiasa meningkatkan kemampuannya untuk menyediakan data statisti yang akurat, objektif dan relevan, baik yang dimanfaatkan oleh Pemerintah sebagai bahan penyusunan kebijakan,bahan kajian oleh Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, maupun masyarakat secara menyeluruh. Apalagi saat ini Gedung baru dan sarana penunjang lainnya sudah dimiliki BPS Provinsi Jawa Barat. Gedung BPS baru yang diresmikan Kepala Bappenas/PPN Armida Alisyahbana itu berada di Jl PHH Mustofa No.43 Kota Bandung.

    ”Kita berharap, dengan hadirnya sarana dan prasarana yang representatif ini dapat semakin memotivasi segenap aparatur BPS Provinsi Jawa Barat untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya secara optimal, sehingga BPS Provinsi Jawa Barat dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan eksternal, terutama dalam hal penyediaan data statistik,” tegas Heryawan usai memberikan sambutan Peresmian Gedung BPS Provinsi Jawa Barat dan 4 Gedung BPS lainnya di Kabupaten Bogor, Purwakarta, Majalengka dan Kota Cirebon, Senin (13/6), Bandung.

    Lebih lanjut Heryawan menyatakan ketersediaan data yang valid merupakan salah satu variabel utama yang menentukan keberhasilan pembangunan, baik pada tahap perencanaan, proses maupun evaluasi pembangunan. Alasannya adalah data yang akurat sangat berperan, pada tahap perencanaan sehingga  mampu mengidentifikasi kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Sementara pada tahap proses, data bermanfaat sebagai input dalam pembangunan. Sedangkan pada tahap evaluasi, data mampu berperan sebagai indikator capaian pembangunan yang telah dilaksanakan.

    Mengingat pentingnya ketersediaan data, Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya secara intensif menjalin kerjasama dengan BPS Provinsi Jawa Barat, terutama terkait dengan penyediaan data statistik guna keperluan penyusunan kebijakan pembangunan daerah. Adapun beberapa kerjasama yang pernah dilakukan dalam hal ini melalui Bappeda Provinsi Jawa Barat, diantaranya: Penyusunan Produk Domestik Regional Bruto Jawa Barat, Penyusunan Daerah Dalam Angka Jawa Barat, Penyusunan Data Sosial Ekonomi Daerah (Suseda) Jawa Barat, Penyusunan Data Angkatan Kerja Daerah (Sakerda) Jawa Barat, Penyusunan Proyeksi Penduduk Jawa Barat, Penyusunan Data Basis IPM, dan lain-lain.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus