Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tender Cisumdawu Sesi I Mulai November

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24765.jpg

    BANDUNG—Pemerintah menjadwalkan akan menggelar tender konstruksi Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi I Cileunyi-Rancakalong pada November 2017 mendatang.

    Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, berdasarkan informasi dari Satker Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Lelang Tol Cisumdawu  tersebut digelar mengingat progress di seksi II Rancakalong-Sumedang makin signifikan. “Tender seksi I November, agar awal 2018 sudah bisa konstruksi,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (6/9).

    Menurutnya Badan Usaha Jalan Tol sudah menjadwalkan begitu kontrak konstruksi maka akan dilakukan penandatanganan loan agreement. Pemerintah sendiri sudah menghitung biaya konstruksi untuk seksi ini kurang lebih mencapai Rp2,270 triliun. “Sudah dihitung pula estimasi biaya pengadaan tanah sekitar Rp1,5 triliun,” ujarnya.

    Seksi I yang memiliki panjang 11,45 kilometer ini dari sisi ketersediaan lahan saat ini baru mencapai 37,43%. Menurutnya ketersediaan lahan tersebut didapat setelah membebaskan dua desa sepanjang 1,7 kilometer. Selain itu ada potensi lahan bebas milik Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sepanjang 3 kilometer. “Dari lahan dua desa itu saja sudah siap untuk dilaksanakan konstruksi,” tuturnya.

    Di lapangan saat ini tengah dilakukan proses pendaftaran pengukuran peta bidang untuk sisa lahan. Untuk tahap awal, pemerintah menargetkan pengadaan tanah awal bisa tuntas pada pertengahan 2018 mendatang. “Proses konstruksi nantinya juga paralel dengan proses penyelesaian sengketa di lapangan,” paparnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus