Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ketersediaan Air Baku Masih Minim

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24772.jpg

    BANDUNG-Infrastruktur air bersih menjadi dasar pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, beberapa hasil studi yang menunjukkan penyediaan air baku di Indonesia masih rendah.

    Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wening Kota Bandung, Sonny Salimi menjelaskan persoalan air sampai saat ini masih menjadi permasalahan. Infrastruktur air minum kerap terabaikan Pemerintah.

    “Ketersediaan air baku di Indonesia masih sekitar 1.200 meter kubik per kapita per tahun. Ini jauh di bawah Thailand dan Vietnam,”katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (7/9/2017)

    Sementara dari akses air minum, persentase Indonesia mencapai 87,37 %, jauh di bawah Thailand dan Filipina. Di tingkat permintaan akses air baku, PDAM baru melayani di bawah 20% saja.

    “Ini berarti sebagian besar masih menggunakan air sumur. Disinyalir penggunaan tanpa terkendali akan mengurangi cadangan air tanah dan merusak lingkungan,” kata Sonny.

    Untuk itu, ia meminta semua pihak untuk bekerja sama dalam peningkatan kapabilitas PDAM. Pemerintah dalam masalah ini perlu mengeluarkan regulasi yang mendukung pelaksanaan operasional Badan Usaha Milik Daerah tersebut.

    "Dibutuhkan regulasi yang mendukung operasional BUMD,"pungkasnya.

    Ditanyakan kondisi air baku di kota Bandung, Sonny menyebutkan, selama musim kemarau, aliran air baku di beberapa wilayah mengalami penurunan, salah satunya air baku untuk Kota Bandung.

    Terkait hal ini, pihak PDAM Tirtawening Kota Bandung memberikan bantuan suplai air kepada masyarakat yang daerahnya kekurangan air. Masyarakat bisa meminta permohonan air dengan menghubungi pihak PDAM Tirtawening.

    "Bantuan air gratis ini hanya diperuntukan kepada masyarakat yang mendaftar secara berkelompok. Sementara untuk permintaan air atas nama pribadi tetap dikenakan biaya,"pungkasnya. (MAT)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus