Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kredit Mesra Atasi Rentenir

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24892.jpg
    foto : ilustrasi

    BANDUNG-Sulitnya sebagian besar masyarakat maupun para pedagang sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mendapatkan dana dari industri perbankan, menjadikan sebagian besar dari mereka memilih rentenir untuk mendapatkan modal usahanya.

    Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut  Pemerintah Kota Bandung melalui  PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) meluncurkan program Kredit Mesjid Sejahtera (Mesra) yang bertujuan untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan yang berbasis masjid.

    Direktur BPR Kota Bandung Rio Zakaria mengatakan, meski ada risiko yang muncul dari pembiayaan tanpa agunan dan tanpa jasa tersebut, tetapi program ini merupakan langkah nyata dalam mendukung menggerakkan ekonomi kerakyatan.

    “Kredit Mesra juga bisa menguatkan peran mesjid tidak hanya sebagai tempat beribadah melainkan juga untuk memberikan kesejahteraan bagi umat. Dan secara keilmuan, pembiayaan ini diperbolehkan atau halal karena bukan transaksi bisnis di dalam mesjid,” tuturnya. 

    Menurut Rio, sejak diluncurkan, respon masyarakat terhadap Kredit Mesra sudah cukup bagus dimana saat ini sudah ada sekitar 100-an masyarakat mengajukan pembiayaan.

    “Alhamdulillah, program ini direspon positif oleh masyarakat dan kami terus sosialisasi sampai ke tingkat kewilayahan, tiap hari tiga tempat yang berbeda,” kata Rio, dalam sosialisasi Kredit Mesra yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Balaikota Bandung, Kamis (14/09). (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus