Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Keraton Mitra Pemerintah Dalam Bangun Daerah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24909.jpg

    BANDUNG-Meski tidak lagi memiliki kewenangan resmi dalam sistem pemerintahan modern, namun keberadaan Keraton bisa menjadi mitra pemerintah daerah dalam menjalankan pembangunan di daerahnya masing-masing. 

    Hal itu diungkapkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) usai membuka Festival Keraton Nusantara XI di Kota Cirebon, Sabtu (16/9).

    "Terutama dalam menyampaikan pesan pada masyarakat. Keraton melalui raja dan sultannya masih sangat dianut dan diturut oleh masyarakat di daerahnya, sehingga pesan-pesan pembangunan sangat efektif bila disampaikan oleh pemerintah dibantu oleh keraton," ujar Aher.

    Selain itu, keraton juga menjadi simbol kearifan lokal yang tetap harus dipelihara dan dilestarikan keberadaannya sebagai kekayaan budaya lokal.

    "Dari sisi pariwisata ini bisa menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri. Kita memiliki keragaman yang begitu kaya dan sangat menarik," katanya.

    Lalu di bidang pelestarian budaya, Aher menyebutkan, keraton bisa menjadi semacam lembaga penjaga dan pemelihara kearifan lokal itu.

    "Siapa lagi yang bisa menjaga dan melestarikan budaya dan kearifan lokal yang di dalamnya banyak mengandung ajaran moral bangsa ini, selain keraton" pungkas Aher.

    Festival Keraton Nusantara XI di Kota Cirebon diisi dengan berbagai acara seperti musyawarah para raja dan sultan, pameran benda pusaka, pameran seni dan budaya keraton. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus