Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    P3D Akper diserahkan Bupati Kepada UPI

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24933.jpg

    SUMEDANG-Personal, Pendanaan, sarana Prasarana dan Dokumen (P3D) yang merupakan aset dari Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Sumedang diserahkan secara langsung oleh Bupati Sumedang H. Eka Setiawan kepada Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman pada rangkaian acara Penandatanganan  Berita Acara Serah Terima (BAST) Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Sumedang Ke Universitas Pendidikan Indonesia di Kampus Akper Kab. Sumedang, Selasa (19/9).

    Kegiatan tersebut dihadiri ketua DPRD Kab. Sumedang, Irwansyah Putra beserta unsur Forkopimda,, unsur SKPD, pihak Kemenristekdikti, Sekretaris Majelis Wali Amanat  UPI, Ketua dan sekretaris Senat Akademi UPI, Dewan Guru Besar UPI, para pimpinan Fakultas, Sekolah Pascasarjana, Lembaga, Pimpinan unti kerja dilingkungan UPI serta tamu undangan lainnya.

    Bupati Eka dalam sambutannya mengatakan, Penandatanganan BAST merupakan kelanjutan dari ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Pemda dengan UPI pada tanggal 8 Juni 2017 tentang penyatuan program studi keperawatan pada Akademi Keperawatan Kab. Sumedang ke UPI. Menurut Eka, penyatuan Akper dengan UPI merupakan amanat Umdang-undang Nomor 23 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa Pengelolaan Pendidikan Pendidikan Tinggi merupakan kewenangan pemerintah Pusat.

    “Proses serah terima akhirnya dapat kita laksanakan hari ini. Momentum ini merupakan peristiwa bersejarah untuk Sumedang, Karena selama 20 tahun ini, kita telah membangun sekaligus mengelola Akper dengan penuh suka dan duka,”ungkap Eka.

    Disampaikan Eka, Dengan adanya penyatuan Akper dan UPI diharapkan bisa semakin melengkapi Sumedang sebagai kota pendidikan. Pasalnya, di Sumedang juga telah berdiri beberapa Perguruan tinggi ternama  seperti UNPAD, ITB, STPDN juga IKOPIN.

    “Harapan saya, dengan adanya penyatuan ini dapat meningkatkan peran serta perguruan tinggi dalam mempercepat serta meningkatkan proses pembangunan di Kabupaten Sumedang,”tutur Eka.

    “Saya merasa berbahagia melepaskan salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Sumedang kepada pihak yang tepat. Karena saya yakin, UPI merupakan pihak yang jauh lebih berpengalaman dalam mengelola pendidikan sehingga kedepannya bisa menghasilkan generasi-generasi muda yang maju di Sumedang.

    Sementara itu, Rektor Asep dalam sambutannya menyampaikan Penandatanganan BAST merupakan fase kedua catatan sejarah bagi rekam jejak Akper Kabupaten Sumedang yang pertama kali didirikan pada tanggal 10 Oktober 2012. Dikatakan Asep, walapun secara de jure telah terjadi penyerahan semua asset dari Pemda Sumedang kepada UPI, namun secara de facto keberadaan semua aset tetap berada di Kabupaten Sumedang.  

    “Atas nama UPI saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajaran pemerintah Kabupaten Sumedang serta para pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sumedang yang telah memberikan kepercayaan kepada UPI untuk mengelola Akper Kabupaten Sumedang,”kata Asep.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus