Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Warga Cisarua Sumedang Keluhkan Kekurangan Air

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24964.jpg

    SUMEDANG-Warga di wilayah Kecamatan Cisarua, kini mengeluhkan masalah minimnya pasokan air di daerah mereka. Keluhan tersebut, disampaikan Kepala Desa Kebonkalapa Kecamatan Cisarua Kikim suheli, kepada Bupati sumedang, H. Eka Setiawan pada saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Pengukuhan Kampung KB di Dusun Cibolang Desa Kebon Kalapa,  Rabu (20/9).

    “Perlu Bapak ketahui, selama beberapa bulan ini warga di wilayah Kecamatan Cisarua banyak yang mengeluhkan soal kurangnya air bersih, termasuk warga di desa kami,” kata Kikim.

    Disampaikan pula oleh Kikim, potensi di Kampung KB Dusun Cibolang Desa Cisarua terdiri dari bidang pertanian dan perkebunan, seni budaya, bidang industri rumahan dan bidang pariwisata.

    “Ada beberapa potensi di Dusun Cibolang yang perlu dikembangkan, seperti Bumi Perkemahan dan Kampung wisata Pajaten yang kondisinya saat ini sangat minim sarana dan prasarana yang menunjang, misalnya belum tertatanya suasana alam buatan sebagai objek daya tarik,” kata Kikim.

    Menurut Kikim, potensi lain yang dimiliki oleh Dusun Cibolang dalam bidang industri yaitu terdapatnya kelompok pengrajin UMKM, Kelompok Wanita Tani dengan produk hasil olahan makanan seperti kicimpring serta GUCI (Gula Cibolang). 

    Dikatakan Kikim lebih lanjut, masalah sampah juga merupakan masalah umum yang ada terjadi di Desa Kebonkalapa. Pasalnya, setelah dibentuknya Bank Sampah disana, terdapat kendala lain yang ditemukan masyarakat dalam mengelola sampah yaitu tidak terdapatnya sarana pengangkut sampah.

    “Untuk itu, mohon kiranya kepada bapak Bupati Sumedang dapat memberikan bantuan dimaksud, sehingga masalah sampah yang kami hadapi bisa segela teratasi,”ucap Kades Kikim.

    Menanggapi keluhan kades, Bupati Eka menghimbau kepada aparatur desa beserta Camat untuk berkoordinasi dengan Pemda terkait masalah tersebut.

    “Mengenai masalah kekurangan air, dalam waktu dekat akan ada bantuan dari Polres untuk pasokan air ke Desa  Kebonkalapa. Kemudian untuk selanjutnya, silahkan warga masyarakat disini melalui kepala desa ataupun camat agar secara intens berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menindaklanjutinya. Tolong perhatikan kondisi masyarakat pak kades, jangan sampai mereka kekurangan air bersih,”ujar Eka.

    Dikatakan Eka, salah satu tujuan dari dicanangkannya Kampung KB disetiap kecamatan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Oleh karena itu, menurut Eka setelah dikukuhkannya Kampung KB diharapkan masyarakat bisa mempersiapkan tata kelola, program kerja serta keterpaduan pembangunan pada sektor lainnya, termasuk sektor pariwisata.

    “Saya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat atas pencanangan Kampung KB DI Dusun Cibolang. Mudah-mudahan bidang industri yang terdapat disini, bisa dijadikan bisnis keluarga serta dapat menyerap tenaga kerja,”kata Eka menutup sambutannya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus