Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gapri Tolak Aturan Tembakau

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Gapri-Tolak-Aturan-Tembakau.jpg

     

    BANDUNG – Gabungan Produsen Rokok Indonesia dengan tegas menolak rencana pemerintah mengeluarkan PP aturan tembakau dan RPP kesehatan yang juga menyinggung soal tembakau. Humas Gapri Hasan Auni menegaskan, aturan itu lama-lama akan membunuh petani tembakau dan juga produsen rokok kretek.
     
    “Aturan pembatasan tembakau dan penyebutan tembakau sebagai zat adiktif adalah upaya untuk secara perlahan mematikan produksi tembakau. Bukan itu saja kalau tembakau tidak ada, maka produsen rokok kretek juga perlahan akan habis. Kita tahu hampir 80 persen produsen rokok kretek di Indonesia, pasokan tembakaunya dari para petani lokal Indonesia yang tersebar di beberapa daerah” ujar Hasan.
     
    Lebih jauh Hasan menduga, sisipan pasal yang menyebutkan tembakau adalah zat adiktif dalam RPP Kesehatan merupakan upaya dari pihak tertentu yang pada akhirnya ingin menguasai kretek yang merupakan hartiage Indonesia.
     
    “Kami menduga ini ada permainan persaingan dagang sebenarnya. Ada pihak tertentu yang melobi pemerintah agar mengeluarkan pasal tersebut. Tujuannya jelas, agar lambat laun kretek yang khas Indonesia itu mati, lalu rokok lain masuk menguasai pasar Indonesia” tegasnya.
     
    Oleh karena itu Gapri sepakat akan mengajukan yudisial review terhadap aturan itu jika nanti benar-benar disahkan dan diberlakukan.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus