Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Keluarga Candra dan Canda Diberi Bantuan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24976.jpg

    BANDUNGKAB-Orang tua dari bayi kembar siam Candra dan Canda,  Lili (34) dan Wasmini (32) warga kp. pasirkunci Rt.01 Rw.08 Desa Cipanjalu Kecamatan Cilengkrang, menerima sejumlah bantuan dari Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Dinas Sosial Kabupaten Bandung.

    Setelah pengurusan BPJS kedua bayi kembar tersebut ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, SLRT bersama Dinas Kesehatan terus  memantau kondisi Candra dan Canda yang kini dirawat di Ruang NICU RSHS.

    Kepala Dinas Sosial Nina Setiana membenarkan,  pihaknya melalui SLRT sudah mengurus kepesertaan BPJS untuk pengobatan keduanya. Pasalnya beberapa waktu lalu, penanganan medis terhambat karena sudah tidak bisa dicover BPJS atau overload. 

    "Untuk itu kita koordinasi dengan Dinkes dan BPJS, agar semua perawatan dan pengobatan Candra dan canda dijamin oleh BPJS," ucap Nina saat dihubungi melalui telepon selularnya, Jumat (22/9).

    Sementara, Manajer SLRT Nia Nindhiawati menambahkan, selain pengurusan pengobatan dan BPJS, pihaknya juga memberikan bantuan sosial kepada keluarga, berupa makanan pokok dan  kebutuhan dasar untuk bayi Candra dan Canda.

    "Kami tergugah juga untuk membantu keluarga dalam  bentuk sembako dan keperluan bayi. Walau jumlahnya tidak banyak, semoga bisa bermanfaat bagi keluarga Candra dan Canda," imbuhnya.

    Nia berharap, kasus seperti ini menjadi perhatian semua pihak, yang sesungguhnya bisa dicegah saat masih dalam kandungan. Asupan gizi dan pola hidup masyarakat khususnya ibu hamil perlu diperhatikan dan bisa mengikuti program BPJS sejak awal sebelum sakit.

    "Dengan pelaporan lebih dini ke puskesos, kita dapat mengidentifikasi kebutuhan dan kesulitan pasien. Kita  berharap masyarakat bisa segera mengikuti program BPJS sejak awal dan tidak di urus pada saat sakit," harap Nia.

    Bersama Ketua Rw 08 Tenni Supardi, Lili yang berprofesi sebagai buruh harian lepas itu, mengucapkan terima kasih dan akan memanfaatkan bantuan tersebut bersamaan dengan perawatan Candra dan canda. 

    "Anak kami sedang  menunggu waktu operasi dengan waktu yang cukup lama. Untuk mendekati usia 1 tahun, mungkin sekitar 10 bulan lagi. Kami sangat berterima kasih  atas perhatian dan kepeduliannya. InshaAllah akan sangat bermanfaat bagi kami," tandas Lili.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus