Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPR Harus Perbanyak Kredit Produktif

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24984.jpg

    JAKARTA-Saat ini Non Performing Loan (NPL) pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tergolong masih tinggi diatas rata rata ketentuan perbankan. NPL maksimal seharusnya dibawah 5%.

    "Tapi ada BPR yang NPL nya diatas 5 % bahkan ada temuan sebesar 7%, ini sangat tidak sehat," ujar Deputy Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 Kantor Regional Jawa Barat (Jabar) Sabarudin dalam acara Media Gathering OJK Jabar di Jakarta dan diskusi terkait Arah dan Kebijakan Strategis OJK di Sektor Perbankan, Jumat dan Sabtu (22-23/9).

    Ia menambahkan OJK akan memberikan pengawasan sangat ketat pada BPR dengan NPL diatas 5%, bahkan menempatkan orang untuk terus memantau.

    OJK juga memberikan bimbingan dan evaluasi agar NPL menjadi sehat antara lain dengan melakukan pembinaan SDM dan membantu dalam menciptakan program bagi bank tersebut agar lebih sehat.

    Namun menurutnya agar BPR terhindar dari kredit macet, seharusnya lebih mengutamakan memberikan kredit produktif bukan kredit konsumtif.

    "Perbanyak kredit konsumtif dan jejaring atau melakukan merger antar BPR agar memiliki modal dan asset yang kuat," tuturnya. Jo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus