Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dampak Kekeringan Tahun Ini Jauh Berkurang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24998.jpg


    SUMEDANG-Dampak dari musim kemarau terhadap kekeringan lahan persawahan tahun 2017 ini jauh berkurang dibanding tahun lalu. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan berkurangnya dampak kekeringan terutama di wilayah aliran hilir singai Cimanuk karena keberadaan waduk Jatigede.

    "Meski fungsi irigasi dari waduk Jatigede ini baru 85 persen, namun luar biasa dampaknya sangat besar. Tahun lalu akibat kemarau menyebabkan 22 ribu hektar sawah kekeringan, dan yang fusonya ribuan hektar sedangkan tahun ini yang mengalami kekeringan 34 ribu hektar dan yang fuso atau tidak menghsilkan sama sekali seluas 139 hektar" ujar Aher usai menebar benih ikan di waduk Jatigede Kamis (21/9).

    Sementara menyoal surutnya kurang lebih 8 meter permukaan air waduk Jatigede Aher menakui adanya pemgurangan pendapatan ikan bagi masyarakat, namun jumlahnya tidak besar.

    "Kalau waduknya menyusut itu wajar akibat kekeringan ini. Ikannya jadi berkumpul di tengah sehingga menyulitkan penangkapan. Namun jika hujam datang nanti, ikannya akan kembali menyebar ke pinggiran dan penangkapan oleh masyarakat jadi mudah" jelasnya.

    Aher juga menambahkan, kawasan waduk Jatigede juga akan dijadikan KEK atau Kawasan Ekonomi Khusus dalam waktu dekat. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus