Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rakor BI Hasilkan Rekomendasi Penting Untuk Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25029.jpg

    BANDUNG-Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia di Hotel Intercontinental Bandung , Rabu (27/9) menyepakati sejumlah hal penting yang akan diwujudkan dalam bentuk kebijakan yang konsisten dan bersinergi.

    Misalnya mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Jawa Barat yang akan mendukung tumbuhnya sektor-sektor ekonomi potensial. Proyek infrastruktur yang perlu menjadi prioritas antara lain Konektivitas jalan darat yang menghubungkan Utara-Selatan dan Timur-Barat wilayah Jawa Barat antara lain Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas), dan Jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela), akses jalan kawasan-kawasan industri di Jawa Barat bagian Utara, jalan tol dari Cipali ke Patimban, serta pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road.

    Kemudian jalur kereta api double track Bogor-Sukabumi. Bandara Internasional Jawa Barat – Kertajati sebagai pusat logistik. Pembangunan  Pelabuhan Patimban. Pembangunan  Bendungan/Waduk Jatigede, Leuwikeris, Kuningan, Karian, dan Sindangheula.

    "Ketersediaan air baku untuk air bersih dan air minum melalui optimalisasi pemanfaatan sungai Citarum," juga hal yang penting, ujar Gubernur BI Agus Martowardojo.

    Upaya pembangunan infrastruktur dan pengembangan sektor ekonomi potensial juga memerlukan adanya keselarasan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dan peningkatan peran proaktif dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk memperbaiki infrastruktur di daerah. Hal tersebut dilakukan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas jalan kabupaten/kota, optimalisasi pemanfaatan dana desa untuk pembangunan infrastruktur dan sarana desa, pengembangan dan pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)dan  perbaikan infrastruktur kunci lain yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.

    Mendorong berkembangnya sektor ekonomi potensial daerah sebagai sumber pertumbuhan baru yang disesuaikan dengan karakteristik daerah. Khusus untuk Jawa Barat bagian Utara perlu difokuskan pada sektor industri yang berdaya saing tinggi, padat karya, dan berorientasi ekspor (antara lain industri otomotif dan alat transportasi, industri makanan-minuman, industri elektronik dan telematika,  serta industri tekstil dan produk tekstil). 

    Sementara itu, pengembangan sektor ekonomi potensial di Jawa Barat bagian Selatan difokuskan pada optimalisasi pengolahan hasil pertanian yang berdaya saing tinggi melalui industri berbasis pertanian, serta pengembangan sektor pariwisata, termasuk sektor maritim, sebagai quick wins untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi Jawa Barat bagian Selatan. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus