Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penduduk Jabar Banyak, Menjadi Tantangan Tersendiri

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25035.jpg

    BANDUNG–Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan industri pengolahan memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional, dan sekitar 40 persen berada di Jawa Barat (Jabar).
     
    “Jabar merupakan kawasan dengan industri pengolahan terbanyak di Indonesia, dan memberikan andil bagi PDB cukup tinggi,” ujar dia saat Diskusi Publik mendorong berkembangnya sektor ekonomi potensial yang berdaya saing melalui peningkatan dan pemerataan kapasitas infrastruktur di Hotel Intercontinental Bandung, Rabu (27/9).
     
    Namun menurutnya pertumbuhan industri ini mengalami penurunan seiring terus menurunya harga komoditas sejak tahun 2012. Penurunan ini harus segera disikapi oleh semua pihak terkait dari pusat hingga daerah. Padahal kontribusi perdagangan dan pertanian mencapai 15 dan 8 persen.
     
    Disisi lain Jabar memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak, sehingga menjadi tantangan besar bagi gubernurnya serta walikota dan bupati di Jabar.
     
    Ia menyebutkan saat penduduk miskin nasional mencapai 27,8 juta jiwa, dimana sekitar 4,1 juta ada di Jabar. Sementara itu dari sisi pengangguran, jabar mencapai 8,49 persen dari jumlah angkatan kerjanya. Sementara nasional hanya 5,3 persen. Demikian juga dengan gini ratio yang masih lebar, antara si miskin dan si kaya.
     
    “Kami melakukan rapat koordinasi ini tentunya untuk mencari solusinya. Semua harus bekerja,” tegas dia. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus